Setjen Wantannas Selenggarakan Rakor

Pada hari Selasa, 1 Desember 2015, bertempat di Ruang Nakula, Gedung B Lantai 6,  Kantor Kemenko Polhukam, Setjen Wantannas menyelenggarakan Rapat Koordinasi/Rakor Dewan Ketahanan Nasional. Rakor tersebut mengusung tema “Perubahan Organisasi DKN”. Acara tersebut dihadiri oleh para pejabat Eselon I dari 14 Kementerian/Lembaga yang merupakan anggota dari Dewan Ketahanan Nasional. Hadir pula para Deputi, Staf Ahli, para Kepala Biro dan para Pembantu Deputi di lingkungan Setjen Wantannas. Sesjen Wantannas, Letjen TNI M.Munir hadir dan memberikan sambutan pembukaan. Adapun yang bertindak sebagai pembicara adalah Pembantu Deputi Urusan Strategi Nasional, Brigjen TNI Alva AG. Narande, S.AP, D.SS,MM dan sebagai moderator adalah Sumantri, S.Pd, M.Si.

Mengawali sambutannya, Sesjen Wantannas menyampaikan bahwa kegiatan Rakor ini selenggarakan dengan harapan dapat membahas topik yang sifatnya nasional strategis dalam rangka menghimpun bahan masukan berharga dalam pembahasan tentang Perubahan organisasi DKN. Selanjutnya Sesjen menyampaikan alasan khusus yang menyemangati dilakukannya Rapat Koordinasi Wantannas ini adalah intensifnya perkembangan lingkungan strategis baik nasional, regional maupun global dan berpengaruh luas terhadap kehidupan nasional dalam berbagai aspek.

Sesjen menambahkan bahwa sesuai dengan Perpres No.2 Tahun 2015 tentang RPJMN 2015-2019 salah satu program prioritas dan terkait erat dengan topik Rakor ini adalah pengembangan sistem keamanan nasional yang integratif dan telah mengamanatkan dibentuknya Dewan Keamanan Nasional/DKN.

Selanjutnya Brigjen TNI Alva AG. Narande, S.AP, D.SS,MM sebagai pembicara menyampaikan mengenai Alur pikir pembentukan DKN dimulai dari latar belakang, urgensi pembentukan DKN dihadapkan pada paradigma keamanan dan paradigma ancaman yang berubah dinamis. Secara ringkas, pembicara menyampaikan mengenai landasan filosofis, landasan historis, landasan teori dan landasan hukum dibentuknya DKN yang dikaitkan dengan visi dan misi pembangunan 2015-2019. Diakhir paparannya, pembicara menyampaikan mengenai konsep Keamanan Nasional yang terintegratif dan konsep Organisasi Dewan Keamanan Nasional lengkap dengan tugas dan fungsinya.

Acara tersebut menghadirkan para pakar/narasumber yaitu Dr. Arie Setiabudi Soesilo,M.Sc -Dekan Fisip UI, Prof. Dr. Ikrar Nusa Bhakti, Prof.Dr. Banyu Perwita, Mayjen TNI Purn. Bambang Heru Sukmadi dan Al-Araf. Diakhir acara tersebut, moderator memberikan kesempatan kepada seluruh peserta yang hadir untuk dapat berperan aktif dalam menyampaikan ide, saran dan masukannya terkait dengan pembentukan organisasi DKN. Diskusi berjalan dengan menarik dan kondusif. Di akhir acara, moderator membacakan kesimpulan dari kegiatan tersebut, diantaranya 1) Organisasi DKN perlu dibentuk karena merupakan amanat dari RPJMN 2015-2019; 2) DKN dapat dibentuk melalui Perpres; 3) Tim Pokja diharapkan lebih intensif dalam melakukan pendekatan-pendekatan kepada pihak terkait serta aktif berkoordinasi dengan Bappenas; 4) Perlu ditambahkan landasan idiil Pancasila dan visioner kawasan nusantara; 5) Akan dilaksanakan FGD mengenai legalitas pembentukan DKN.