Sesjen Wantannas : Sesuaikan sikap dari power oriented menjadi service oriented

“Saya berharap agar dalam bertugas senantiasa mengedepankan asas profesionalitas, arif, dan bijaksana, meningkatkan semangat dan prestasi kerja atas dasar kemampuan yang dimiliki serta terus mengupayakan penyempurnaan dan perbaikan kerja yang semakin efektif dan efisien” demikian dikatakan Sesjen Wantannas, Letnan Jenderal TNI M.Munir dalam kata sambutannya pada kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, yang dilaksanakan pada hari Jumat, 10 Juni 2016 bertempat di Ruang Nakula, Lt.6, Gedung Kemenko Polhukam, Jl.Medan Merdeka Barat 15, Jakarta Pusat.

Adapun yang menjadi saksi kegiatan pelantikan yang dimulai pada pukul 10.00 WIB tersebut adalah Deputi Pengkajian dan Penginderaan, Laksda TNI Ir. Eko Djalmo Asmadi, MH dan Deputi Politik dan Strategi, Irjen Pol Drs. Tjetjep Agus S, MM. Pelantikan yang berlangsung dengan tertib dan khidmat tersebut ikut dihadiri oleh para Deputi, para Staf Ahli, para Pembantu Deputi, para Analisis Kebijakan, dan seluruh staf serta pegawai Setjen Wantannas.

Adapun para pejabat yang dilantik pada kegiatan tersebut adalah:

  1. Marsma TNI Khairul Arifin,SE,MM sebagai Deputi Pengembangan
  2. Brigjen TNI Aris Martono Haryadi,SE sebagai Deputi Sistem Nasional
  3. Letkol Tek Bonan Dolok Oktavianus Siagian,SE,M.Si(Han) sebagai Analisis Kebijakan Bidang Politik Keamanan
  4. Letkol Lek. Ade Teguh Budianto sebagai Analisis Kebijakan Bidang Perumusan Pengkajian Politik Nasional

Pada acara pelantikan tersebut, Sesjen Wantannas menyampaikan bahwa mutasi maupun promosi merupakan bagian dari sistem pembinaan aparatur dan penataan struktur organisasi secara berkesinambungan, bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kinerja organisasi sekaligus pelayanan yang semakin berkualitas. Dalam arahannya Sesjen meminta para pejabat agar mengerahkan segala daya dan upaya serta bekerja sesuai sistem manajemen, team work, koordinasi dan konsultasi yang intensif dengan semua pihak terkait. “Karena itu, attitude atau sikap pejabat publik dituntut menyesuaikan diri, dari yang sebelumnya power oriented, menjadi service oriented” tegas Sesjen.

Pada akhir amanatnya, Sesjen Wantannas menyampaikan bahwa setiap orang di institusi Setjen Wantannas harus memancarkan energi positif, memberikan pengaruh yang baik bagi rekan dan lingkungan kerjanya. “Karena itu, setiap langkah dan kinerja, seyogyanya membawa situasi kerja yang baru yang lebih segar dan lebih tanggap terhadap pemecahan masalah, dan dapat dijadikan ajang untuk memperkuat kompetensi demi kemajuan organisasi yang kita cintai” lanjut Sesjen.

Setelah upacara pelantikan dan pengambilan sumpah selesai, acara kemudian dilanjutkan dengan pelepasan pejabat dan Staf Setjen Wantannas yang telah memasuki masa purna bhakti, yaitu :

  1. Mayjen TNI Dr. Drs. Tahan SL Toruan,MM,D.SS sebelumnya menjabat sebagai Deputi Sistem Nasional.
  2. Marsda TNI (Purn) Sugihardjo, SE, MM sebelumnya menjabat sebagai Deputi Pengembangan.
  3. Brigjen  TNI (Purn) Alva A.G. Narande, S.AP, D.SS, MM sebelumnya menjabat sebagai Pembantu Deputi Bidang Strategi Nasional
  4. Purwadi, S.Kom, MM sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Bidang Pengumpulan dan Pengolahan Informasi
  5. Sabariman, S.Sos sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Persidangan
  6. Slamet Priyadi, SE sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Administrasi Keuangan
  7. Supardi sebelumnya sebagai Staf Biro Umum

Sesjen Wantannas menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dedikasi dan pengabdiannya selama menjalankan tugas di Institusi Setjen Wantannas seraya menyampaikan harapan semoga sukses di tempat pengabdian selanjutnya.