Capacity Building Setjen Wantannas

“Dengan kebersamaan, mari kita tingkatkan kinerja yang optimal, disiplin, dan berintegritas”. Demikianlah tema yang diusung oleh Setjen Wantannas pada kegiatan Outbound dalam rangka Capacity Building yang diselenggarakan selama dua hari di Hotel Seruni, Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, tanggal 26-27 Nopember 2016.

Banyak referensi mengenai definisi Capacity Building, namun menurut United Nations Development Program (UNDP) dan Canadian International Development Agency (CIDA) memberikan pengertian bahwa Capacity Building adalah proses dimana individu, kelompok, organisasi, institusi dan masyarakat meningkatkan kemampuan mereka untuk menghasilkan kinerja pelaksanaan, tugas pokok dan fungsi, memecahkan permasalahan, merumuskan dan mewujudkan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.

Kepala Biro Umum, Marsma TNI Lukas Pamardi,SH,MM dalam arahannya sebelum kegiatan berlangsung menyampaikan bahwa kegiatan Capacity Building adalah proses untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan serta sikap dan perilaku. Sehingga diharapkan output dari kegiatan ini adalah meningkatnya kerjasama tim untuk mencapai tujuan organisasi. Kepala Biro Umum menghimbau agar setiap pegawai dapat melaksanakan setiap instruksi yang diberikan dalam kegiatan outbound ini. Di sisi lain kegiatan yang berlangsung di kawasan Puncak Bogor dengan udara yang cukup menyegarkan tersebut diharapkan dapat mencairkan pikiran dari penatnya ibu kota sehingga dapat me-restart kembali motivasi bekerja sekembalinya ke kantor.

Kegiatan outbound tersebut dipandu oleh Event Organizer yang memberikan berbagai macam permainan yang menuntut adanya kerjasama tim, kecerdasan dalam berfikir, kecepatan dalam mengambil keputusan, kepercayaan terhadap rekan, dan kekompakan tim. Para pegawai cukup antusias dalam mengikuti setiap kegiatan. Setiap pegawai cukup menikmati seluruh tantangan yang diberikan. Salah satu tantangannya adalah ketika masing-masing tim di instruksikan untuk menggambar pada sebuah kain kanvas, menariknya setiap peserta hanya boleh memegang satu tali yang di ikatkan pada batang kuas yang panjang. Gambar yang terbaik akan ditentukan dari adanya pemimpin regu yang dapat mengarahkan regunya dan kerjasama tim untuk mencapai tujuan.

Suasana outbound cukup mencair, beragam tingkat kesulitan dalam permainan dapat membangun sikap pantang menyerah dan menumbuhkan rasa percaya diri (self-confidence) dalam diri setiap pegawai, terutama saat berhasil menyelesaikan permainan. Keberanian dalam menghadapi tantangan dan mengambil resiko pun akan terbangun selama peserta mengikuti outbound. Selain itu kegiatan outbound dapat mengasah kemampuan dalam bersosialisasi.

Kegiatan outbound di kawasan puncak ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara berkala oleh Bagian Kepegawaian Setjen Wantannas sebagai suatu upaya dalam melaksanakan pengembangan SDM pegawai. Menurut Kasubbag Pengembangan Pegawai, Yadi Kurniawanto,ST kegiatan outbound yang dilaksanakan di ruang terbuka dengan pendekatan experiential learning yang memadukan unsur tantangan, permainan, petualangan, kreatifitas, intelektualitas, emosi dan spiritual. Kasubbag Pengembangan Pegawai menjelaskan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah seluruh pegawai Setjen Wantannas dari tingkat eselon I sampai dengan petugas cleaning service. Hal ini bertujuan agar lebih terjalin silaturahmi dan kebersamaan serta kebanggaan menjadi bagian dari keluarga besar Setjen Wantannas.