SESJEN WANTANNAS TANDATANGANI MOU BERSAMA REKTOR UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

Pada hari Kamis, tanggal 26 Januari 2017 bertempat di Aula Rahan Universitas Palangkaraya, Jalan Yos Sudarso, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sesjen Wantannas Letnan Jenderal TNI Nugroho Widyotomo bersama Rektor Universitas Palangka Raya, Prof. Dr. Ferdinand, MS. menandatangani MoU (Nota Kesepahaman) antara Setjen Wantannas dengan Universitas Palangka Raya. Kegiatan penandatanganan MoU dihadiri oleh Deputi Pengembangan Setjen Wantannas Marsda TNI Khoirul Arifin, SE. beserta rombongan, Kapolda Kalteng yang diwakili oleh Wakapolda, Danrem 102/Panju Panjung yang diwakili oleh Pasilog Korem 102/PJG, Para Wakil Rektor, Para Dekan dan segenap civitas akademi Universitas Palangka Raya.

Kerjasama antara Setjen Wantannas dan Universitas Palangka Raya  mengambil tema Dampak Alih Fungsi Lahan Untuk Perkebunan Kelapa Sawit Terhadap Lingkungan Hidup dan Masyarakat Setempat. Dalam sambutannya Rektor Universitas Palangka Raya Prof. Dr. Ferdinan, MS menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Wantannas yang telah melakukan kerjasama dengan Universitas Palangka Raya dalam rangka Penelitian Lingkungan, Penelitian Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, Hukum, Pertahanan dan Keamanan serta Pengabdian kepada masyarakat. Kerjasama ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi kedua lembaga, dan bagi bangsa Indonesia pada umumnya. Mengawali sambutannnya Sesjen Wantannas, Letjen TNI Nugroho Widyotomo menyampaikan sekilas tentang organisasi Setjen Wantannas yang meliputi tugas pokok dan fungsinya. Sesjen melanjutkan bahwa Universitas Palangka Raya sebagai salah satu centre of excellence diharapkan dapat memberikan masukan dari pendekatan akademis terkait dengan pengembangan ketahanan pangan nasional yang menjadi salah satu aspek penting dan menentukan nilai-nilai lokal dari kekayaan budaya bangsa Indonesia sebagai salah satu solusi, dari masalah pangan yang dihadapi bangsa Indonesia menuju ketahanan nasional, dalam rangka memberikan rekomendasi strategis kepada Ketua Dewan Ketahanan Nasional.

Pada kesempatan ini juga telah ditandatangan Perjanjian Kerjasama antara Setjen Wantannas dengan Universitas Palangka Raya. Perjanjian Kerjasama ini ditandatangani oleh Deputi Pengembangan Marsda TNI Khoirul Arifin, SE,MM dengan Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Prof. Dr. Danes Jaya Negara, SE, M.Si.

Dalam rangkaian pelaksanaan penandatanganan MoU, Sesjen Wantannas beserta rombongan melaksanakan agenda Kunjungan ke Kantor Gubernur Kalimantan Tengah yang diterima langsung oleh Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran, di kediaman jabatan Istana Isen Mulang. Disela perbincangan-nya Sesjen menyampaikan tentang pelaksanaan MoU dengan Universitas Palangka Raya yang akan dilanjutkan dengan kegiatan Semiloka untuk menggali pemikiran-pemikiran bagaimana membangun Indonesia melalui tiga jalur yaitu jalur akademik, aspiratif dan empirik. Gubernur sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kegiatan ini dapat memperkaya kajian yang sedang dibangun oleh Wantanas untuk kemudian bisa menjadi kebijakan bagi kemajuan bangsa.