RAKERTAS SETJEN WANTANNAS

Pada tanggal 21 s.d. 23 Maret 2017, Setjen Wantannas menyelenggarakan Rapat Kerja Terbatas (Rakertas) yang dilaksanakan di Redtop Hotel, Jl. Pecenongan No. 72 Jakarta Pusat.

Rakertas ini dibuka secara langsung oleh Sesjen Wantannas Letnan Jenderal TNI Nugroho Widyotomo dan dihadiri oleh seluruh staf Kedeputian, yaitu : Deputi Sistem Nasional (Desisnas), Deputi Pengkajian dan Penginderaan (Dejiandra), Deputi Politik dan Strategi (Depolstra) serta Deputi Pengembangan (Debang) dan narasumber dari Kementerian dan Lembaga serta dari berbagai disiplin ilmu, diantaranya: Kemendagri, Kemen LHK, Kementan, Kemendikbud, Kemenkominfo, Kemenhub, BMKG, IPB, UPI Bandung dan Univ. Presiden.

Mengawali sambutannya Sesjen menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya Rakertas ini adalah untuk menyusun kebijakan strategis pemecahan masalah nasional.

Sesjen juga menekankan agar produk kajian dari materi-materi diatas mempunyai bobot yang pantas untuk dikirim kepada Ketua Dewan Ketahanan Nasional, sehingga pada pelaksanaan kerja kelompok maupun diskusi, adanya peran serta yang cukup aktif dan terjadi diskusi yang dinamis oleh seluruh peserta Rakertas.

Materi dalam Rakertas kali ini terdiri dari: Antisipasi dan Solusi Maraknya Ormas Asing di Indonesia Terhadap Ketahanan Nasional, Antisipasi dan Solusi Dampak Perubahan Iklim dalam Rangka Ketahanan Pangan Nasional, Rencana Kontinjensi Nasional Menghadapi Cyber Attack yang Bersifat Masif, Sistematik, dan Terstruktur Tahun 2018 dalam rangka Ketahanan Nasional, Rencana Kontinjensi Nasional Menghadapi Cyber Attack yang Bersifat Masif, Sistematik, dan Terstruktur Tahun 2018 dalam rangka Ketahanan Nasional (Rencana Penanggulangan), Apresiasi Strategi Nasional (Apstranas) Tahun 2018 Bidang Ekososbud, Apresiasi Strategi Nasional (Apstranas) Tahun 2018 Bidang Polhukam, Percepatan Pembangunan dan Pengembangan Kekuatan TNI di Kawasan Timur Indonesia dalam rangka Menjaga Keutuhan NKRI, Percepatan Investasi Asing Langsung (Foreign Direct Investment) untuk Pembangunan Industri dalam rangka Ketahanan Nasional.

Kegiatan Rakertas diakhiri dengan paparan oleh Prof. Anak Agung Banyu Perwita, Ph.D (Guru Besar Hubungan Internasional Univ. Presiden) tentang “Antisipasi dan Solusi maraknya Ormas Asing di Indonesia terhadap Ketahanan Nasional” dan Letkol Laut (P) Sandy Kurniawan (Mabes TNI AL) tentang Percepatan Pembangunan dan Pengembangan kekuatan TNI di Kawasan Timur Indonesia dalam rangka Keutuhan NKRI.

Rakertas ini ditutup oleh Sesjen pada tanggal 23 Maret 2017, sebelum acara ditutup, Sesjen memberikan apresiasi kepada peserta khususnya kepada para narasumber yang telah memberikan sumbangan pemikirannya untuk kesempurnaan produk yang sudah dikerjakan, karena produk ini akan menjadi rekomendasi kepada pemerintah setelah diperdalam melalui Kelompok Kerja Khusus dan Perumusan Materi pada rapat yang akan datang, dengan harapan produk dan kajian dari materi yang dibahas dapat menjadi kontribusi positif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.