Setjen Wantannas Dorong Percepatan Perpres Bela Negara

Rabu, 28 Februari 2018, Plt Sesjen Wantannas, Irjen Pol Drs. Tjetjep Agus S, MM, MH beserta rombongan yang terdiri dari Para Deputi, Para Staf Ahli dan Para Kepala Biro mengunjungi Menteri Koordinator Bidang Polhukam, Jenderal (Purn) Wiranto di kantornya untuk melakukan audensi. Menko Polhukam beserta jajarannya hadir menyambut rombongan Setjen Wantannas.

Kedatangan Plt Sesjen Wantannas mempunyai maksud untuk berdiskusi dengan Menko Polhukam terkait dengan dinamika dan permasalahan yang dihadapi bangsa akhir-akhir ini serta beberapa isu-isu strategis lainnya khususnya di bidang politik, hukum dan keamanan.

Menko Polhukam menyambut baik kedatangan sejumlah pejabat Setjen Wantannas serta menyampaikan beberapa arahannya untuk memperkuat tugas dan fungsi Setjen Wantannas khususnya dalam hal pembinaan ketahanan nasional di Indonesia.

Masih dalam kunjungannya, Irjen Pol Drs. Tjetjep Agus S, MM, MH menyampaikan bahwa instruksi tentang program bela negara sebenarnya telah disampaikan secara lisan oleh Presiden Jokowi, namun hingga kini belum ada instruksi secara tertulis. “Iya (dorongan untuk segera ada Perpres) melalui Pak Menko Polhukam,” demikian jawab Irjen Pol Tjetjep di Kantor Kemenko Polhukam ketika menjawab pertanyaan wartawan.

Menurut Irjen Pol Tjetjep meski belum ada instruksi secara tertulis dari Presiden, namun hal tersebut tidak mengganggu jalannya program bela negara karena seluruh kementerian maupun lembaga saat ini telah melakukan program bela negara tersebut. Lebih lanjut, Irjen Pol Tjetjep menyampaikan Wantannas telah menyiapkan modul program bela negara yang bisa digunakan oleh kementerian maupun lembaga dalam rangka melaksanakan program bela negara. Plt Sesjen Wantannas pun berharap tahun ini Perpres tentang Bela Negara bisa segera diterbitkan guna menguatkan program bela negara yang selama ini telah berjalan.

Pertengahan tahun lalu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan program Bela Negara diatur oleh Wantannas dengan tujuan tidak ada tumpang tindih dalam pelaksanaannya. Menurut Seskab, hal tersebut juga sesuai dengan instruksi dari Presiden Joko Widodo. Pemerintah, disebut Seskab tengah mempersiapkan Perpres yang dijadikan dasar hukum pelaksanaan program Bela Negara.

[sumber : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180228205758-20-279540/wantannas-dorong-penerbitan-perpres-bela-negara-tahun-ini]