TIM KAJIDA SETJEN WANTANNAS DORONG PERWUJUDAN INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA

Wakil Komandan (Wadan) Lantamal I Kolonel Marinir I Made Wahyu Santoso, Selasa (13/03/2018) menerima kunjungan Tim Setjen Wantanas yang diketuai oleh Bandep Lingkungan Strategis Nasional, Kedeputian Pengkajian dan Penginderaan, Setjen Wantanas Laksamana Pertama TNI Eko Purwanto, S.AP. Hadir mendampingi Laksma TNI Eko yaitu Bandep Lingkungan Strategis Internasional, Brigjen TNI Sugeng,SH, Analisa Kebijakan Bidang Sosbud Nasional, Kolonel Ngadiman,MM, Analisa Kebijakan Bidang Politik Keamanan Nasional, Joko Pandam Mardyatno, S.H, dan Analis Kebijakan Bidang Politik Keamanan Internasional, Drs. Irwan Iding, M.Si. Pertemuan tersebut dilaksanakan di Ruang VIP Markas Komando (Mako) Lantamal I.

Dalam kajian Daerah (kajida) ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi terkait keberhasilan program poros Maritim

di Sumatera Utara, terutama pembangunan infrastruktur dan konvektivitas maritim dengan membangun tol laut, deep seaport, logistik, dan industri perkapalan, serta tantangan dan kendala yang dihadapi. Provinsi Sumatera Utara memiliki posisi Strategis sebagai Gerbang Poros Maritim Barat Indonesia, karena daerah ini diapit Samudera Indonesia di Bagian Barat dan Selat Malaka di Bagian Timur. Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia akan terwujud jika keamanan laut di perairan Indonesia dapat terjaga dengan baik.

Adapun Tujuan Tim Setjen Wantanas untuk memperoleh masukan terkait potensi Provinsi Sumatera Utara dalam rangka mendorong perwujudan Indonesia sebagai Pintu Gerbang Barat Poros Maritim Dunia.

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten Danlantamal I, Dansatrol Lantamal I, Pabanops Sops Lantamal I, Paban Spers Lantamal I , Paban Srena Lantamal I, dan Kapuskopal Lantamal I.