SETJEN WANTANNAS AKAN LAKUKAN SIMULASI PERANG SIBER DENGAN JERMAN

Setjen Wantannas akan melakukan latihan dan simulasi dalam rangka menghadapi peperangan siber dengan Jerman. Hal ini disampaikan oleh Deputi Sisnas pada acaraCoffee Morning pada hari Senin (19/3/18) di Kantor Setjen Wantannas Jl. Medan Merdeka Barat 15 Jakarta tepatnya di ruang NKRI Lt.5. Acara ini dihadiri oleh Irjen Pol Drs. Tjetjep Agus S, MM, MH sebagai Plt. Sesjen Wantannas yang sekaligus menegaskan agar dipersiapkan dengan matang dan dilakukan koordinasi dengan stakeholderterkait seperti Deputi Luar Negeri BIN untuk memastikan pihak Jerman yang akan datang ke Indonesia. Acara tersebut juga dihadiri oleh para Deputi, para Staf Ahli, para Kepala Biro, dan para Kepala Bagian di Lingkungan Setjen Wantannas.

Pada kesempatan tersebut, disampaikan laporan masing-masing kedeputian tentang kegiatan kajian daerah yang telah dilaksanakan dan kegiatan yang akan datang. Deputi Jiandra menyampaikan laporan current issue yang berkembang dalam konteks global, regional dan nasional. Selain itu Deputi Jiandra menyampaikan laporan hasil Kajian Daerah ke Provinsi Sumatera Utara.

Sementara itu Deputi Pengembangan menyampaikan tentang perlunya diangkat kembali permasalahan impor gula. Selanjutnya Deputi Polstra menyampaikan hasil kajian daerah di Jambi terkait persiapan pengamanan menjelang Pilkada, infrastruktur daerah dan penggunaan dana desa tunai.

Pada kesempatan ini Deputi Sisnas melaporkan hasil kajida di Natuna dan menyampaikan rencana latihan simulasi bersama peanggulangan bahaya siber dengan Konrad Adenauer Stiftung (KAS) Jerman yang bertujuan sebagai antisipasi dan kesiapan Indonesia menghadapi peperangan siber dalam rangka ketahanan nasional. Masih pada kegiatan yang sama, Staf Ahli Bidang Iptek melaporkan tentang rencana kerjasama dengan LAPAN dan rencana sarasehan nasional.

Selanjutnya Irjen Pol Drs. Tjetjep Agus S, MM,MH sebagai Plt menyampaikan arahannya tentang perlunya segera disusun review anggaran sesuai DIPA Tahun 2018 dan APBNP sesuai dengan kebutuhan Setjen Wantannas. Diharapkan masing-masing unit kerja agar segera mengirimkan riview anggaran sesuai dengan kebutuhan secarabutton up.

Pada akhir kegiatan, Plt Sesjen Wantannas memerintahkan agar staf yang terkait dapat segera menyiapkan acara pelantikan Sesjen Wantannas oleh Presiden RI dengan melakukan koordinasi dengan Sekretariat Negara dan Sekretariat Kabinet sehingga acara dapat berjalan dengan baik.

Seperti diketahui bahwa telah terbit Keputusan Presiden Nomor 24/TPA Tahun 2018 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional, dimana Presiden RI mengangkat Mayjen TNI Doni Monardo sebagai Sesjen Wantannas. Dan berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/247/III/2018 tanggal 19 Maret 2018 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI).