SETJEN WANTANNAS DORONG OPTIMALISASI PEMANFAATAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA

Jakarta- Irjen Pol Drs. Tjejep Agus S, MM, MH, selaku Plt Sesjen Wantannas, menutup kegiatan Kelompok Kerja Khusus (Pokjasus) dan Rapat Perumusan Masalah (Ramusmat) di ruang rapat 5107 Lt.5 Kantor Setjen Wantannas, Jl. Medan Merdeka Barat No. 15 Jakarta, Kamis (22/03/2018). Kegiatan tersebut merupakan penajaman dari kegiatan sebelumnya yaitu Rapat Kerja Terbatas (Rakertas) pada awal Maret lalu.

Deputi Sistem Nasional, Mayjen TNI Aris Martono Haryadi bertindak sebagai moderator, sementara itu Deputi Pengkajian dan Penginderaan, Laksda TNI Teguh Prihantono, S.Sos bertindak sebagai penerima paparan. Dalam kegiatan rapat pleno tersebut dihadiri oleh para Staf Ahli, Pembantu Deputi, Kepala Biro dan para Analis Kebijakan serta para narasumber terkait. Terdapat 3 (tiga) kedeputian yang memaparkan hasil kajian pada rapat Pleno kali ini, yaitu :

  1. Kedeputian Sisnas (Pok A-2) dengan tema “Tata Kelola Reklamasi Pantai Berbasis Kelestarian Alam Dalam Rangka Ketahanan Nasional” dan bertindak sebagai pemapar adalah Ir. Asikin Chalifah, Ketua Dewan Pakar Persatuan Sarjana Pertanian Indonesia (PISPI) Provinsi DIY.
  2. Kedeputian Polstra (Pok B-2) dengan tema “Optimalisasi Pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Guna Memenuhi Kebutuhan Listrik Dalam Negeri Dalam Rangka Ketahanan Nasional” yang dipaparkan oleh Prof. Dr. Anton Adibroto, M.Sc (Ketua Ikatan Alumni BPPT).
  3. Kedeputian Pengembangan (Pok D-1) dengan tema “Penguatan Sektor Riil Dalam Ekonomi Nasional Guna Menopang Daya Beli Masyarakat Dalam Rangka Ketahanan Nasional” yang disampaikan oleh Salamuddin Daeng, SE anggota Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia

Hasil keseluruhan kelompok Pokjasus dan Ramusmat akan dirumuskan menjadi satu naskah akhir, yang selanjutnya akan digunakan sebagai sumbangan pemikiran dan bahan penentuan kebijakan pemerintah. Kegiatan tersebut juga ikut dihadiri oleh para Narasumber lainnya antara lain Prof. Dr. Cecep Dermawan, S.IP, MH, M.Si dari Universitas Pendidikan Indonesia.

Rapat pleno diselenggarakan selama tiga hari yang juga dihadiri oleh para Staf Ahli, Pembantu Deputi, Kepala Biro dan para Analis Kebijakan di lingkungan Setjen Wantannas serta para narasumber.