MAYJEN TNI DONI MONARDO GAGAS ACARA SARASEHAN NASIONAL

Pada hari Selasa, 27 Maret 2018 Mayjen TNI Doni Monardo mengadakan pertemuan dengan perwakilan dari Unpad dan UIN guna membahas acara sarasehan Nasional dengan tema “Pembelajaran Dari Konflik Dan Damai Maluku Dan Maluku Utara Untuk Ketahanan Nasional” di ruang rapat Situation Room Lantai 5 kantor Setjen Wantannas Jl. Medan Merdeka Barat no.15 Jakarta.

Acara sarasehan ini sendiri merupakan salah satu instruksi presiden saat mengunjungi kepulauan Maluku dan mengatakan bahwa “Indonesia harus menjadi tempat pusat perdamaian dunia”. Oleh karena itu, untuk menindaklanjuti instruksi presiden tersebut, Mayjen TNI Doni Monardo yang saat itu masih bertugas sebagai Pangdam XVI/Pattimura merencanakan sebuah aksi sarasehan nasional untuk mempertemukan para tokoh yang pernah terlibat dalam konflik di Maluku.

Hal yang menjadi  Latar belakang sarasehan adalah “Konflik sosial yang berdampak dari keberagaman masyarakat dan budaya serta pembangunan nasional yang tidak terkelola dengan baik.” Mayjen TNI Doni Monardo mengatakan bahwa “ program ini merupakan rencana yang sudah lama direncanakan oleh saya dan Tim Unpad dan UIN,  tim juga sudah berkunjung ke Ambon, dan bertemu dengan tokoh-tokoh yang terlibat konflik”.

Mayjen TNI Doni Monardo mengatakan bahwa dirinya sudah melakukan Komunikasi dengan Menko Polhukam, bahwa acara ini merupakan salah satu kegiatan Bela Negara yang bersifat aplikatif, sebagai pembelajaran konflik dari masa lalu. Harapan ke depannya, Maluku dapat menjadi tujuan pariwisata yang dapat diandalkan, karena “Aman”, dan menjadikan Maluku sebagai Provinsi percontohan penyelesaian konflik.

Untuk mematangkan acara, Sesjen memerintahkan kepada jajarannya untuk berkoordinasi dengan pihak-pihak yang akan diundang. Serta melakukan koordinasi dengan Setneg dan Setkab. Iapun memerintahkan kepada Karoum untuk melaporkan kegiatan ini kepada Plt Sesjen, dan menyusun kepanitiaan. Minggu depan tim dijadwalkan melakukan presentasi kepada Wantannas sekaligus mengundang Mabes TNI dan perwakilan dari Polhukam. Selanjutnya, Tim akan mempresentasikan kepada Menko Polhukam untuk mempresentasikan hal yang lebih teknis.

Hadir pada acara ini dari Setjen Wantannas antara lain Kepala Biro PSP Brigjen TNI Isaac Marcus, Kepala Biro Umum Brigjen TNI Afanti Uloli, SE, M.Si., Bandep Urusan Lingkungan Alam Kedeputian Sisnas Brigjen TNI Syafi’ul MBA., Bandep Urusan Lingkungan Sosial Kedeputian Sisnas Brigjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.IP., dan Analis Kebijakan Kolonel Inf Judi Paragina Firdaus, M.Sc., Kolonel Tek Bonan D.O. Siagian, S.E., M.Si. (Han) dan Kabag Perlengkapan Letkol Inf Parawita Agus S., S.Sos.