TIM KAJIDA SETJEN WANTANNAS KUNJUNGI PROVINSI SULAWESI SELATAN

Kedeputian Bidang Pengkajian dan Penginderaan (Kedeputian Bidang Jiandra) Setjen Wantannas yang dipimpin oleh Bandep Urs. Lingstranas Laksma TNI Eko Purwanto, S.AP kembali mengadakan kunjungan kerja, selasa (27/03/2018) dengan tujuan wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, kota yang terkenal dengan julukan Daeng.

Permasalahan yang menjadi primadona bagi Kedeputian Bidang Jiandra, lebih terkait pada bagaimana potensi Provinsi Sulawesi Selatan sebagai hub dari bagian Timur Indonesia dalam mewujudkan Visi Maritim Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia yang selanjutnya akan dijadikan rekomendasi oleh Setjen Wantannas dan ditujukan kepada Presiden RI selaku Ketua Dewan Ketahanan Nasional sebagai rekomendasi dalam pengambilan keputusan.

Maksud kegiatan Kajida sendiri lebih spesifik ditujukan pada diperolehnya informasi terkini terkait keberhasilan program poros maritim di Sulawesi Selatan, terutama pembangunan infrastruktur dan konektivitas maritim dengan membangun tol laut, deep seaport, logistik, dan industri perkapalan serta mendalami segala tantangan dan kendala.

Di sisi lain, kunjungan ke Provinsi Sulawesi Selatan guna melihat secara langsung bagaimana pembangunan infrastruktur dan konektivitas maritim serta Kawasan ekonomi khusus di sana dalam upaya mendukung keberhasilan Visi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Disamping tujuan-tujuan tersebut diatas, Kedeputian Bidang Jiandra telah menetapkan tujuan prioritasnya yaitu mendapatkan masukan terhadap upaya-upaya Indonesia menjaga kedaulatan laut termasuk menangani IUU Fishing, perompakan dan kegiatan illegal lainnya yang terjadi di perairan Indonesia.

Kedeputian Bidang Jiandra Setjen Wantannas menyimpulkan bahwa kemampuan Indonesia menjaga keamanan di wilayah perairannya dapat memperkuat posisi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.