TIM KAJIDA SETJEN WANTANNAS KUNJUNGI PROVINSI SULAWESI UTARA

Kedeputian poitik dan strategi (Depolstra) Setjen Wantannas kembali melakukan kunjungan kerja ke luar daerah. Kota Bitung di Sulawesi Utara menjadi tujuan kunjungan kali ini. Kunjungan daerah ini bertujuan untuk mengumpulkan, mengidentifikasi, menelaah dan menganalisa berbagai  materi terkait dengan kegiatan pertanian,  perkebunan, perikanan dan industri di Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara sebagai upaya terwujudnya percepatan pembangunan daerah.

Kunjungan yang dilaksanakan pada hari selasa (10/04/18) tersebut dipimpin langsung oleh Deputi Polstra Irjen Pol Drs. Tjetjep Agus Supriyatna, M.M., M.H. dan beranggotakan Bandep Stranas Marsma TNI Sukur, M.Si (Han) selaku ketua rombongan, Analis Kebijakan Bidang Rencana Pembangunan Nasional Jangka Sedang dan Jangka Pendek  Kolonel Laut (P) Riswansyah Tarigan, Analis Kebijakan Bidang Evaluasi dan Toleransi Resiko Pembangunan Nasional Kolonel Pom Djati Santoso, S.H., M.H. serta Analis Kebijakan Bidang Rencana Kontinjensi Ekonomi Kolonel Lek Marudut Jhonson Lumbantoruan, S.E.

Kota Bitung terletak di timur laut Tanah Minahasa yang memiliki potensi sumberdaya alam bervariasi dan besar, mulai dari pertanian, perkebunan, perikanan, dan industri Perekonomian. Kota Bitung di dominasi oleh sektor pertanian dan perkebunan, juga sumber daya perikanan dan hasil lautnya. Namun dalam perkembangannya, sektor industri  berkembang cukup pesat dan mencapai nilai tertinggi.

Bertumbuhnya sektor industri sangat membantu perekonomian terutama dengan meluasnya kesempatan lapangan kerja. Dengan bertambahnya perusahaan industri juga meningkatkan kesejahteraan penduduk terutama dengan terserapnya tenaga kerja sebanyak 21.755 orang, meningkat dari tahun sebelumnya yang daya serapnya mencapai 21.290 tenaga kerja. Begitu juga dari sisi kapital di mana peningkatan jumlah perusahaan ini diikuti pula dengan peningkatan nilai investasi menjadi 541,67 miliar rupiah atau meningkat 23,47 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Industri di Kota bitung juga di dominasi galangan kapal dan industri minyak kelapa.

Disamping itu juga ada industri transportasi laut, makanan, baja, industri menengah dan kecil, dan salah satu program prioritas Pemerintah dalam perencanaan pembangunan Nasional program infrastruktur yang memadai dan investasi yang handal dan prima melalui Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).   Namun demikian sektor sektor tersebut di atas masih belum terintegrasi sehingga mengakibatkan belum optimalnya Produktivitas mereka

Hal inilah yang menjadi sorotan tim Wantannas dalam kunjungannya kali ini. Wantannas ingin menggali berbagai permasalahan tersebut untuk kemudian dicarikan solusi yang tepat untuk mengintegrasikan berbagai sektor ekonomi di kota Bitung. Hasil temuan dan solusi terebut akan diberikan kepada Presiden untuk ditindaklanjuti. Sejalan dengan Nawacita ke 7. Mewujudkan Kemandirian Ekonomi dengan Menggerakan Sektor sektor Strategis Ekonomi.