APEL BERSAMA 10.977 WANITA INDONESIA PECAHKAN REKOR MURI

 

Sesjen Wantannas Mayjen TNI Doni Monardo beserta ibu menghadiri undangan Upacara Militer Apel Bersama Wanita TNI dan Polisi Wanita (Polwan) di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Selasa (25/4/2018).

 

Presiden Republik Indonesia sekaligus Ketua Dewan Ketahanan Nasional Ir. Joko Widodo menjadi Inspektur Upacara pada acara tersebut. Dengan bertemakan “Wanita Indonesia Bersatu Terwujud Pertahanan Negara yang Tangguh,” tim gabungan dari TNI dan Polri serta segenap komponen bangsa berhasil memukau hati masyarakat yang hadir dan menyaksikan secara langsung acara tersebut.

 

Acara yang diselenggarakan sekaligus memeringati Hari Kartini ini, tampak berbeda dari hari biasanya. Dalam kegiatan ini Presiden Jokowi dikawal oleh para anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) wanita dengan mengenakan setelan jas warna hitam. Bahkan, pada saat Presiden Jokowi melakukan cek barisan dengan mengendarai mobil komando, juga dikawal oleh prajurit wanita TNI.

 

 

Latar belakang dilaksanakannya apel bersama antara lain sebagai wadah untuk menghadirkan secara fisik  dan menyatukan berbagai kekuatan wanita Indonesia dalam bentuk upacara dengan mengambil momen peringatan Hari Kartini yang jatuh pada setiap tanggal  21 April. Sedangkan tujuannya sendiri adalah untuk memelihara semangat juang dan jiwa korsa wanita Indonesia guna meningkatkan motivasi dalam pengabdian kepada bangsa dan negara serta membangun hubungan kebersamaan dan soliditas sehingga terbentuk sinergitas dan interoperabilitas dalam berpartisipasi membangun NKRI.

 

Apel Bersama Wanita TNI, Polwan dan Segenap Wanita Komponen Bangsa Dalam Rangka Memperingati Hari Kartini Tahun 2018 ini didominasi oleh kaum hawa serta diikuti sebanyak 10.977 peserta yang terdiri dari para Perwira Menengah wanita TNI, 1 Batalyon Perwira Menengah wanita TNI dan Kompi gabungan dari Taruni 3 angkatan, 2 Batalyon Korps Wanita Angkatan Darat, 2 Batalyon Wanita Korps Angkatan Laut, 2 Batalyon Wanita Korps Angkatan Udara, 1 Batalyon Perwira Menengah Polisi Wanita Republik Indonesia, 1 Batalyon gabungan Perwira Menengah Polisi Wanita Republik Indonesia dan Taruni Akademi Kepolisian, 1 Batalyon Bintara Polisi Wanita Republik Indonesia, 3 Batalyon Aparatur Sipil Negara Wanita TNI, 1 Batalyon Aparatur Sipil Negara Wanita Polri serta 1 Batalyon Wanita komponen bangsa gabungan dari Dinas Perhubungan, Satpol PP, Resimen Mahasiswa, Paskibraka, Pramuka dan Pelajar.

 

Pagelaran perempuan hebat Indonesia ini pun memecahkan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia atau MURI (dahulu Museum Rekor Indonesia) dengan kategori peserta wanita terbanyak di dunia. Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua MURI Jaya Suprana kepada Ibu Nani Hadi Tjahjanto (istri Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P).

 

 

Selain Upacara Militer, apel tersebut diisi juga dengan berbagai kegiatan kewanitaan antara lain pertunjukan tari kolosal perjuangan  Marsekal TNI Malahayati, perjuangan R.A. Kartini, demonstrasi beladiri dan terjun payung yang kesemuanya diperagakan oleh kaum hawa. Sebagai penutup, diisi dengan pembacaan ikrar perempuan Indonesia serta penandatanganan deklarasi oleh Presiden RI.

 

Turut hadri dalam acara tersebut Panglima TNI Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P, Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan seluruh Perwira Tinggi di lingkungan TNI dan Polri.

 

Ingin rasa memakan kari,…..

Kari cendawan batang keladi…..

Girang rasa tak terperih,…..

bertaburan perempuan-perempuan hebat seantero negeri…..