Hari Ini Bukittinggi Sambut Api Obor Asian Games

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG — Api obor Asian Games 2018 akan diarak di Kota Bukittinggi, Sumatra Barat pada Kamis (2/8) ini setelah kemarin menyambangi warga Sumatra Utara. Selama acara arak-arakan api obor (torch relay) hari ini, akses jalan utama di dalam Kota Bukittinggi akan ditutup selama 3 jam.

 

Kota Bukittinggi sendiri merupakan satu-satunya kota di Sumbar yang dilalui api obor Asian Games 2018. Terdapat 21 titik di dalam kota yang akan dihampiri api obor dengan rute sepanjang 10 km. Sejumlah tokoh penting dijadwalkan hadir dalam torch relay di Bukittinggi, seperti Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, aktris Nadine Chandrawinata, dan sejumlah atlet.

 

Kapolres Bukittinggi, AKBP Arly Jembar Jumhana, mengimbau warga Bukittinggi untuk memahami kondisi di lapangan dan bersabar dengan potensi kemacetan yang mungkin terjadi. Api obor dijadwalkan tiba di Bukittinggi pukul 13.00 WIB.

 

“Selama kirab, kami minta pengertian dan kesabaran dari warga, karena akses jalan raya yang akan dilewati api obor, akan ditutup sementara. Jalan ditutup sekitar tiga jam. Namun hal ini dilaksanakan secara fleksibel, jika telah dilewati, kita lihat kemungkinannyan,” ujar Arly, Rabu (1/8) sore.

 

Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias menyebutkan ada yang unik dalam kirab api obor Asian Games 2018 di kota yang ia pimpin. Nantinya, api obor Asian Games 2018 akan diarak di dalam Lobang Jepang, yang merupakan saksi sejarah kemerdekaan Indonesia.

 

Sesuai rencana, pusat acara akan diadakan di lapangan kantin. Pengarakan diawali dengan penyerahan api obor di depan SMAN 2 Bukittinggi, dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani kepada Wakil Gubernur Sumbar Masrul Abit. Selanjutnya, api diarak hingga podium depan lapangan kantin untuk seremonial. Setelah itu, api obor diarak oleh Kapolda Sumbar hingga Tugu Polwan dan estafet ke Walikota Bukittinggi bersambung ke pembawa obor lainnya.

 

“Dari tugu pahlawan tak dikenal, akan diserahkan ke Nadine Chandra Winata, bersama 20 Torch Bearer yang terdiri dari 20 pelari, 5 dari INASGOC, 10 pelari daerah, 5 dari sponsor dan artis,” kata Ramlan.

 

Setelah diarak, api obor akan diinapkan satu malam di Istana Bung Hatta sebelum besok diterbangkan untuk pengarakan di Provinsi Jambi. 

 

Sumber: Republika.co.id