Belum Move On dari Pembukaan Asian Games? Anda tidak Sendirian!

(Sumber Foto: Jakarta Globe)

Acara pembukaan Asian Games ke-18 (18/8) yang dibuka langsung Presiden Joko Widodo menjadi pembahasan seru tidak hanya diantara sesama penonton di lokasi dan di rumah, yang menyaksikan lewat televisi, tetapi juga menjadi trending topic di social media. Warganet, baik yang berada di Indonesia maupun luar negeri rupanya sama-sama terpukau dengan keseluruhan acara pembukaan yang melibatkan ribuan penari, ratusan crew dan line up pengisi acara artis papan atas Indonesia.

 

Konsep acara pembukaan Asian Games mengedepankan budaya Indonesia yang dikemas secara kolosal dan kekinian. Melalui konsep ini, tampaknya penyelenggara ingin merangkul seluas mungkin range usia penonton hingga mencakup generasi millennial dan generasi Z yang merupakan pengguna berat social media. Terlihat dari setiap scene yang disajikan secara visual sangat menarik untuk diunggah, atau biasa disebut instagramable, maupun untuk dicuitkan di Twitter. Pujian terhadap keindahan tarian tradisional dengan koreografi yang spektakuler dan aksi orang nomor satu di Indonesia yang gaya kedatangannya memberikan kejutan adalah beberapa hal yang paling banyak menjadi bahan unggahan dan diskusi di social media. Beberapa portal berita bahkan menyebutkan aksi dari Presiden Joko Widodo tersebut bahkan menjadi trending topic di Korea Selatan.

 

Social media saat ini menjadi salah satu sumber informasi alternatif selain portal berita. Dalam hal berita olahraga, sebagaimana dirilis oleh wearesocial.com, peran social media kedepannya diprediksi tidak akan menjadi pengganti media konvensional melainkan menjadi pelengkap dalam menikmati siaran olahraga. Hal yang sama juga ditemukan dalam hasil riset Nielsen Deep Dive Indonesia (2017) dimana ada sinergi dual-screen, yaitu paralel digunakannya smartphone saat sedang menonton televisi. Perilaku ini terutama ditemukan pada waktu-waktu disiarkannya acara penting olahraga dan hiburan, terutama pada siaran langsung (live).

 

Jadi, wajar saja bila sampai selesainya acara kita masih menemukan postingan di social media yang membahas acara tersebut. Insights survey yang dilakukan Twitter menyebutkan bahwa setelah event olahraga, 36% pengguna masih mencuitkannya. Acara pembukaan Asian Games adalah contoh nyata bagaimana sebuah acara olahraga mampu menyatukan warganet di berbagai wilayah di Asia. Dengan kemasan yang menarik dan cerdas dapat memperluas jangkauan nation branding Indonesia melalui user generated content, memanjangkan hype dari acara tersebut dan bahkan mendorong orang untuk mencari tahu bahkan setelah acaranya selesai. Semoga dengan pembukaan yang baik ini, prestasi tim Indonesia juga tidak kalah berkilau.