Belajar Sejarah di Pameran Sejarah Asian Games 1962

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Direktorat Sejarah menggelar Pameran Sejarah Asian Games 1962 yang terbuka untuk umum. Pameran yang dilangsungkan dalam mendukung kegiatan Asian Games ke-delapan belas ini berlangsung di dua tempat yaitu di Gedung A, Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan di Museum Nasional, Jakarta. Pameran berlangsung sejak dibukanya Asian Games hingga tanggal 25 Agustus 2018 di lokasi Kemendikbud dan hingga tanggal 28 Agustus 2018 di Museum Nasional.

 

Pameran Sejarah Asian Games 1962 menyajikan nostalgia penyelenggaraan Asian Games ke-empat di Jakarta. Dalam pameran ini, pengunjung diajak menyadari kaitan olahraga sebagai bagian budaya dan pembangunan etos bangsa. Pada konten pameran juga disampaikan bagaimana pada tahun 1962, Indonesia dengan situasi dan kondisi politik, ekonomi dan keamanan yang belum stabil dan diragukan kemampuannya untuk menyelenggarakan sebuah event internasional ternyata dapat mengadakannya dengan sukses.

Dalam pameran ini pengunjung dapat melihat timeline penyelenggaraan Asian Games sejak pertama kali dilangsungkan, foto-foto, kliping artikel surat kabar dan majalah yang berisi berita seputar penyelenggaraan dan kejuaraan serta memorabilia dari Asian Games 1962. Foto-foto para legenda olahraga, tokoh-tokoh yang berperan dalam penyelenggaraan Asian Games 1962 juga dapat dilihat pada pameran ini. Diharapkan pameran ini juga dapat merangkul generasi muda dengan disediakannya spot foto yang menarik di lokasi.