Mengenal Lebih Jauh “Spiderwoman” Indonesia: Aries Susanti Rahayu

Sumber Foto : Tribun

Kontingen Indonesia pada Kamis (23/8) memperoleh tambahan medali emas berkat perjuangan Aries Susanti Rahayu yang memenangkan nomor Women Speed di cabang olahraga panjat tebing yang dipertandingkan di Stadion Jakabaring, Palembang. Melihat kecepatannya dalam memanjat, Aries kemudian mendapat julukan “The Real Spiderwoman Indonesia” dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

 

Dalam press release yang dikeluarkan Federasi Panjat Tebing Indonesia, Aries menyatakan kebahagiannya dapat mengharumkan nama Indonesia di pesta olahraga Asia tersebut. Ia bersyukur atas pencapaiannya ini dan berterima kasih kepada semua yang telah berjasa serta  berharap dapat menjadi inspirasi bagi atlet lainnya untuk tampil maksimal, memberikan yang terbaik. Aries mencatatkan waktu 7,61 detik, mengalahkan rekan satu timnya, Puji Lestari (7,98 detik).

 

Cabang olahraga panjat tebing adalah salah satu cabang olahraga yang baru pertama kali dipertandingkan di Asian Games. Pertandingan ini mengadu kecepatan atlet yang bertanding untuk mencapai puncak dalam tiga kategori yaitu speed, combined dan speed relay baik untuk atlet putra maupun putri.

 

Sebelum meraih emas di Asian Games 2018, Aries menjuarai seri Kejuaraan Dunia Panjat Tebing di Chongqing, China pada bulan Mei 2018 lalu, dengan catatan waktu 7,51 detik. Pertama kali mengenal olahraga ini saat di Sekolah Menengah Pertama (SMP) lewat gurunya, Aries beralih dari cabang olahraga atletik yang duluan ditekuninya. Ia merasa panjang tebing lebih membuka peluang bagi dirinya untuk mencapai prestasi, terbukti dengan pencapaiannya yang terus membaik dan meningkatnya event-event olahraga yang diikutinya. Bergabung dengan Pelatnas pada tahun 2017, Aries yang ditangani oleh pelatih Hendra Basri terus mengukir prestasi di level kejuaraan Asia dan Dunia. Sebagai andalan Indonesia di cabang olahraga ini, Aries Susanti Rahayu telah membuktikan hasilnya dengan emas Asian Games 2018. Jalan masih terbuka panjang bagi atlet berusia 22 tahun ini untuk mengharumkan nama bangsa. Semangat!