“Less Waste More Games”: untuk Jaga Venue Tetap Bersih

Sumber Foto : Prokabar

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) bekerjasama dengan INASGOC (29/8) menyerukan kampanye kebersihan bertema “Less Waste More Games.” Kampanye bertujuan untuk mengurangi sampah dari para pengunjung selama penyelenggaraan Asian Games 2018. Dalam pelaksanaan, kampanye ini melibatkan pemerintah pusat dan daerah dimana pelaksanaan pertandingan berlangsung, yaitu Jakarta dan sekitarnya, Palembang dan Jawa Barat.

 

Dirjen PSLB3, Rosa Vivien Ratnawati, dalam siaran persnya mengatakan bahwa ajang Asian Games di Jakarta dan Palembang menjadi perhatian sentral ribuan orang yang menikmati olahraga dan mereka ini berpotensi untuk menghasilkan sampah.  Pihaknya sangat mengapresiasi panitia pelaksana yang memiliki kepedulian soal sampah.

 

Dari pihak INASGOC, Direktur Venue & Environment, Teuku Arlan Perkasa menyatakan pentingnya mengedukasi penonton untuk mengurangi sampah agar memiliki kebiasaan ramah lingkungan, hal ini dapat dimulai dengan membawa botol minum dan tas belanja sendiri serta tidak membuang sampah sembarangan. Untuk menjaga venue pertandingan tetap bersih, panitia pelaksana mengerahkan sekitar 1600 orang tenaga kebersihan dari Pemprov DKI Jakarta. Selain itu juga disediakan tempat sampah di banyak titik yang diharapkan dapat mempermudah pemilahan sampah.