Indonesia Duduki Peringkat ke-9 Peraih Medali Emas Sepanjang Sejarah Asian Games

Indonesia masuk jajaran 10 besar negara tersukses sepanjang sejarah Asian Games. Kepastian itu diraih setelah kontingen Merah Putih meraih 31 medali emas di Asian Games 2018.

 

Menjadi negara tuan rumah Asian Games 2018 berdampak langsung pada prestasi yang diraih Indonesia. Kontingen Indonesia berhasil meraih 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 perunggu. Pencak Silat menjadi cabang olahraga terbanyak yang menyumbang medali emas yakni 14 keping.

 

Tambahan 31 medali emas di Asian Games 2018 membuat Indonesia melejit dalam daftar peolehan medali Asian Games sepanjang sejarah. Koleksi medali emas Indonesia saat ini menyentuh angka tiga digit alias 112 keping emas.

 

Untuk skala Asia Tenggara, Indonesia menjadi negara kedua yang sukses di Asian Games 2018. Predikat negara Asia Tenggara tersukses di Asian Games sampai saat ini masih diraih Thailand dengan koleksi 132 medali emas.

 

Sementara itu, China masih menjadi negara Asia tersukses di Asian Games. Tambahan 132 medali emas di Jakarta dan Palembang membuat China kini mengoleksi 1487 keping emas.

 

Sementara itu, terdapat negara yang sampai berakhirnya Asian Games 2018 belum pernah mendapatkan medali emas. Negara-negara tersebut adalah Brunei Darussalam, Laos, Nepal, Palestina, dan Yaman.

 

sumber : liputan6.com