Kunjungi Provinsi NTT, Sesjen Wantannas Tinjau Potensi Emas Biru dan Emas Hijau

Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Letjen TNI Doni Monardo melakukan rangkaian kunjungan kerja ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kunjungan kerja  tersebut dalam rangka mengumpulkan informasi dan permasalahan serta melihat potensi sumber daya alam yang bisa dikembangkan di provinsi tersebut.

 

Kunjungan yang dimulai pada Rabu (5/9/18) tersebut rencananya akan berlangsung hingga Sabtu (8/09/18).

 

Sesjen didampingi oleh Deputi Sistem Nasional Mayjen TNI Aris Martono Hariyadi, Kepala Biro Umum Brigjen TNI Afanti S. Uloli, S.E., M.Si, Anjak Bidang Pengembangan Jasa dan Pariwisata Debang Kolonel Arh. M. Hasyim Lalhakim, , S.E., M.M., M.Sc, serta tim Emas Hijau dan Emas Biru Setjen Wantannas.

 

Tiba di Kupang, Sesjen Wantannas disambut oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Viktor Gustaf Manoppo, M.H dan Forkopimda serta perwakilan warga baru (eks Timtim) dibandara Eltari Kupang.

 

Dalam kesempatan yang sama Sesjen Wantannas beserta rombongan langsung melaksanakan silaturahmi dan dialog dengan warga baru (eks Timtim) mantan pejuang pro integrasi yg berdomisili di Kupang dan sekitarnya. Dialog tersebut bertempat di ruang tunggu Pemda Provinsi NTT Bandara El Tari Kupang.

 

Pada hari ke dua kunjungan Kamis 6/9/18 , Sesjen beserta rombongan melanjutkan kembali rangkaian kegiatan dengan menerima paparan dari Wakil Bupati Pulau Rotte dan Ndao Jonas Cornelius Lun, S.Pd tentang potensi emas hijau, emas biru dan pariwisata Kabupaten Pulau Rotte dan Ndao Provinsi NTT. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang rapat Kantor Bupati Pulau Rotte dan Ndao.

 

Usai menerima paparan Wakil Bupati, Sesjen Wantannas dan Tim Emas Hijau, Emas Biru memberikan pengarahan kepada Wakil Bupati, Forkompimda dan SKPD terkait.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan meninjau langsung “Teluk Mulut Seribu” dari pelabuhan Lokonamon Desa Daiama Kec Landuleko, Kab.  Rote Ndao. Sesjen didampingi  oleh Wakil Bupati, Asisten 1, Camat Landuleko, Kabid Linmas Satpol PP, Kapolsek Rote Timur, serta Dandim dan Lanal Rote.

Peninjauan Teluk Mulut Seribu tersebut berkaitan dengan besarnya potensi emas biru yg dapat dikembangkan terutama budidaya lobster secara alami. Sementara itu perwakilan dari tim emas biru Setjen Wantannas Budi Prawira Sumadin mengakui bahwa lokasi tersebut memiliki potensi yg besar untuk dikembangkan.

 

Selain potensi emas biru, Teluk Mulut Seribu juga menyimpan potensi pariwisata yang tak kalah indah dengan pulau Raja Ampat yang ada di Papua.

 

Setelah meninjau teluk  Mulut Seribu, Sesjen Wantannas berkesempatan memberikan pengarahan kepada warga Desa Daiama dan mensosialisasikan peran dan tugas Setjen Wantannas serta mengajak masyarakat ikut serta mengembangkan potensi wilayahnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat

 

Sesjen menjelaskan bahwa masyarakat bisa ikut berpartisipasi aktif dengan cara menjaga kebersihan, merawat pantai dan laut agar bisa mengambil manfaat secara positif dan maksimal dari potensi wilayahnya yang ada saat ini.

 

Sementara itu Wakil Bupati Rote Ndao,  Jonas C. Lun, S.Pd. dalam sambutannya mengaku sangat berterimakasih atas kunjungan Sesjen Wantannas beserta rombongan. Dirinya berharap hasil kunjungan tersebut dapat membawa angin segar dan perubahan nyata bagi kesejahteraan masyarakat Rote Ndao itu sendiri.