Setjen Wantannas Tinjau Potensi Emas Hijau, Emas Biru, dan Ketahanan Nasional di Papua dan Papua Barat

Provinsi Papua dan Papua Barat merupakan provinsi yang terletak di bagian timur Indonesia. Dikedua wilayah tersebut diketahui memiliki sumber kekayaan alam yang sangat melimpah. Hal inilah yang menjadi perhatian Sesjen Wantannas Letjen TNI Doni Monardo untuk berkunjung ke wilayah tersebut guna mempelajari potensi dan kendala yang terdapat di Provinsi ke-23 di Indonesia itu.

 

Sesjen Wantannas didampingi oleh Deputi Bidang Pengkajian dan Penginderaan Laksda TNI Teguh Prihantono, S.Sos dan beberapa Pejabat Eselon II, direncanakan mengunjungi Papua dan Papua Barat dalam rangka Pengkajian Daerah (Kajida) mulai Senin (24/09/2018) hingga Kamis (27/09/2018).

 

Adapun yang menjadi topik utama dari kegiatan tersebut adalah pembangunan infrastruktur Papua dan Papua Barat yang saat ini menjadi perhatian khusus dari pemerintah. Sebagaimana dikutip dari tribunnews.com, Presiden Joko Widodo mempunyai alasan sendiri terkait dengan pembangunan infrastruktur di luar Jawa. Hal ini disebabkan, Indonesia bukan hanya bernegara, berbisnis, atau berekonomi saja. Ditambah lagi, Indonesia bukan hanya Pulau Jawa saja. Di sini terlihat adanya ketimpangan infrastruktur barat, tengah, dan timur. Sungguh sangat mencolok dan perbedaannya sangat lebar sekali.

 

Mengacu pada permasalahan di atas, Setjen Wantannas di bawah kepemimpinan Letjen TNI Doni Monardo melaksanakan Kajida di wilayah Jayapura,  Manokwari dan Sorong untuk mengetahui sejauhmana koordinasi antara pemerintah daerah, pelaku usaha, tokoh masyarakat, dan masyarakat dalam rangka penguatan SDM dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan melalui pengelolaan potensi-potensi perkebunan, pertanian, peternakan  dan budidaya perikanan bagi kesejahteraan masyarakat setempat. 

 

Perlu diketahui, saat ini pemerintah sedang fokus membangun Papua dan Papua Barat, khususnya pembangunan infrastruktur yang dikhususkan untuk kelancaran dan kemudahan distribusi dan transportasi sandang dan pangan dan arus lalulintas masyarakat, serta meningkatkan pelayanan pemerintah terhadap masyarakat.

Tim Kajida Setjen Wantannas akan melaksanakan observasi ke tiga wilayah tersebut melalui  tatap muka, dan audiensi serta sosialisasi pendekatan kesejahteraan (prosperity approach) melalui pengelolaan sumberdaya alam (emas hijau) dan potensi laut (emas biru).  Namun, tidak menutup kemungkinan adanya masukan-masukan lainnya yang sangat terkait dengan kondisi ketahanan nasional di wilayah Papua dan Papua Barat dalam rangka membangun kesadaran tentang ketahanan nasional.

 

Selain diikuti oleh pejabat di lingkungan Setjen Wantannas, Kajida ini juga mengikutsertakan pejabat K/L lain seperti Dirjen PPMD Kemdes PDT Taufik Majid, Staf  Ahli  Dirjen  Perikanan  Tangkap, KKP Ir.Jainur Manurung, M.M, perwakilan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), dan beberapa pejabat yang berasal dari organisasi swasta.

 

Adapun lokasi-lokasi khusus yang menjadi target kunjungan serta pelaksanaan audiensi diantaranya Kantor Gubernur dan Forkopimda berikut jajarannya di Jayapura dan Manokwari, serta segenap Pemerintah Daerah di Sorong.