Sesjen Wantannas Tinjau Rumah Tahan Gempa Di Lombok

Sesjen Wantannas Letjen TNI Doni Monardo mengakhiri kunjungan kerja ke Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Kamis (11/10/2018).

 

Di hari terakhir kunjungan kerjanya, Sesjen Wantannas melakukan peninjauan rumah conwood yang ada di Dusun Cupek Desa Sigar Penjalin Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara.

 

Rumah Conwood merupakan rumah tahan gempa yang didesain oleh PT Conwood Indonesia dan didonasikan untuk masyarakat Lombok yang terkena bencana gempa beberapa waktu lalu. Rumah tahan gempa tersebut tidak menggunakan material kayu sama sekali. Dengan begitu, para penghuni tidak perlu khawatir bangunan huniannya dimakan rayap.

Sesjen Wantannas beserta rombongan melanjutkan kunjungan ke Posko Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) yang ada di Bandara Selaparang Lombok NTB. 

 

Menurut Panglima Kogasgabpad Mayjen TNI Madsuni, saat ini Kogasgabpad bencana NTB telah membentuk empat sektor dalam penanganan bencana gempa di NTB yakni sektor Lombok Utara; sektor Lombok Timur; sektor Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Mataram; serta sektor Sumbawa dan Sumbawa Barat.

 

Kogasgabpad,  saat ini fokus pada fase transisi dari masa tanggap darurat menuju ke pemulihan hingga nanti masuk pada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi. Kogasgabpad  rutin menggelar rapat koordinasi dan evaluasi bersama sejumlah pihak terkait, baik dari pemprov, pemkab, dan juga Kementerian PUPR.

Usai meninjau Posko Kogasgabpad, Sesjen Wantannas beserta rombongan melanjutkan rangkaian kegiatan dengan bertemu Gubernur NTB Zulkieflimansyah di ruang kerja Gubernur.

 

Rangkaian kegiatan kunjungan kerja di provinsi NTB ditutup dengan kunjungan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Mataram.