Sukses Gelar Asian Para Games 2018, RI Jadi Incaran Investor

Pebasket Indonesia, Donald Santoso, berusaha melewati pebasket Thailand pada Asian Para Games di Hall Basket, Jakarta, Rabu (10/10/2018). Indonesia kalah 10-62 dari Thailand. (Bola.com)

Jakarta – Penyelenggaraan dua ajang olah raga tingkat Asia yaitu Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018 akan‎ membawa dampak positif bagi Indonesia. Para investor asing bakal melihat bahwa Indonesia sangat berpotensi untuk menanamkan modal.

 

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan, penyelenggaraan Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018 tidak hanya berdampak terhadap perekonomian dalam jangka pendek, tetapi juga menengah dan panjang.

 

“Dampak ‎yang akan dirasakan dampak menengah dan panjang,” kata Sarman, saat berbincan dengan Liputan6.com, di Jakarta, Sabtu (13/10/2018).

 

Selain sebagai ajang pertandingan olah raga, Asian Games dan Asian Para Games 2018 juga merupakan ajang promosi Indonesia kepada negara lain. Dengan begitu dampak jangka menengah dan panjang adalah mendatangkan investasi baru ke Indonesia.

 

“Ke depan negara kita semakin dikenal di berbagai belahan dunia, khususnya di Asia, sehingga investor semakin tertarik menanamkan modalnya di Indonesia,” ujarnya.

 

“Terlebih kita sebagai tuan‎ rumah sukses dalam melaksanakan dua event olahraga terbesar se-Asia,” tandasnya.

Asian Para Games 2018 Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Jakarta

Presiden Joko Widodo berbincang dengan para atlet dan official Indonesia Asian Para Games 2018 di Halaman Istana Negara, Jakarta, Selasa (2/10). Para atlet di targetkan meraih 8 besar. (Liputan6.com)

Sebelumnya, Sarman juga mengatakan bahwa ajang olah raga Asian Para Games 2018‎ membawa dampak positif pada kegiatan ekonomi Jakarta. Kegiatan ini mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

 

Pelaksanaan Asian Para Games 2018 menggairahkan aktivitas perekonomian Jakarta. Hal ini mirip dengan ajang kompetisi olah raga yang sudah dilaksanakan lebih awal yaitu Asian Games 2018, meski volumenya berbeda. 

 

Sarman menambahkan, dampak positif ajang kompetisi olahraga se-Asia pada kegiatan ekonomi Jakarta, dapat terlihat dari pertumbuhan ekonomi Jakarta yang mencapai 5,93 persen, sedangkan pertumbuhan nasional hanya 5,2 persen pada triwulan II 2018.

 

“Pertumbuhan ekonomi tidak lepas dari dampak perputaran uang selama Asian Games dan Asian Para Games 2018,” kata Sarman, saat berbincang denan Liputan6.com, di Jakarta, Sabtu (13/10/2018).

 

Sektor yang paling berdampak dengan adanya Asian Para Games diantaranya, pariwisata, hotel, restoran, transportasi dan pusat perbelanjaan dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

 

“Penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018 memberikan kontribusi yang besar pada ‎perekonomian Jakarta,” tandansya.

 

Sumber : liputan6.com