Pentingnya Sinergitas Dalam Menghadapi Masalah di Daerah

Sesjen Wantannas Letjen TNI Doni Monardo menjadi Pembicara dalam Rapat Koordinasi Sinergitas Kebijakan Pemerintah untuk Mempercepat Pencapaian RPJMN 2015-2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Rabu (17/10/18) yang berlangsung di Kantor Kemendagri Jalan Medan Merdeka Utara No. 7, Jakarta Pusat.

 

Dalam pidatonya, Sesjen Wantannas mengatakan bahwa sebagai bangsa, kita harus optimis bisa menyelesaikan setiap masalah yang ada. “Salah satu masalah ketahanan nasional yang perlu kita antisipasi adalah masalah radikalisme dan terorisme, saat ini Presiden sudah menyiapkan sebuah solusi melalui Program Bela Negara, sebenarnya apa yang sedang kita hadapi di berbagai daerah sudah pernah kita lakukan sebelumnya, contohnya di Maluku dan Maluku Utara”, ujarnya.

 

Ia menegaskan bahwa sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah serta seluruh komponen yang ada bisa menghasilkan keseimbangan antara pendekatan keamanan dan pendekatan kesejahteraan. Apa yang pernah dilakukan pemerintah Maluku dan Maluku Utara bisa menjadi barometer untuk provinsi lainnya di Indonesia dalam menyelesaikan konflik.

 

Selain radikalisme dan terorisme, Sesjen Wantannas juga menyinggung masalah kerusakan lingkungan yang saat ini sangat mengkhawatirkan. “Kita senantiasa didoktrin untuk cinta tanah air, tapi apa yang terjadi? Tanah kita, gunung kita banyak yang menjadi hutan gundul. Ketika kita diserang dengan isu penggundulan hutan karena menanam kelapa sawit, semua negara menyerang kita karena merusak hutan, tetapi ketika industri-industri tekstil banyak mencemari sungai-sungai kita, hanya sedikit LSM-LSM yang bersuara,” lanjut Sesjen.

 

Sesjen menambahkan bahwa tidak ada suatu persoalan yang bisa diselesaikan hanya oleh satu Kementerian atau Lembaga saja. Ia berharap para Sekda yang hadir mampu membangun komunikasi dengan seluruh elemen yang ada di daerah termasuk TNI dan Polri.

 

Dalam rapat tersebut, selain Sesjen Wantannas, Mendagri Tjahjo Kumolo, Kepala BSSN Djoko Setiadi, serta Kepala BNPT Komjen Pol. Suhardi Alius juga hadir sebagai pembicara.