Setjen Wantannas Bersama Lemhannas, Bakamla, Dan Komisi I DPR RI Bahas Anggaran 2019

Dalam rangka menindaklanjuti Surat Undangan dari Badan Anggaran (Banggar) DPR RI tertanggal 4 Oktober 2018, Sesjen Wantannas Letjen TNI Doni Monardo bersama para Pejabat Eselon I dan II di jajarannya menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) untuk membahas pagu alokasi anggaran tahun 2019 bersama Komisi I DPR RI, Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), dan Badan Keamanan Laut (Bakamla), Selasa (23/10/2018).

 

Dalam pertemuan yang digelar di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta ini, Sesjen Wantannas melaporkan bahwa, pagu alokasi anggaran tahun 2019 untuk Setjen Wantannas adalah sebesar Rp 42 miliar, dengan Rencana Kerja Tahunan (RKT) 2019 yang terdukung dari pagu tersebut adalah sebanyak 97 output naskah yang terdiri dari 55 naskah deteksi dini prioritas aspek politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan serta 42 naskah kajian pengembangan bidang ketahanan nasional non prioritas.

 

Rapat yang bersifat terbuka untuk umum ini, juga dimanfaatkan pula oleh Sesjen Wantannas untuk memaparkan kebutuhan anggaran yang sesungguhnya di tahun 2019 yang akan datang, serta mengutarakan segala kendala, kekurangan, dan hambatan yang berkaitan dengan pengalokasian anggaran tersebut.

 

Sesjen Wantannas juga menyampaikan tentang kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan bela negara sebagaimana tertuang di dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Bela Negara Tahun 2018-2019.

 

Dalam Inpres tersebut, Sesjen Wantannas bertindak sebagai Penanggung Jawab pelaksanaan rencana aksi bela negara. Untuk itu, maka Setjen Wantannas mengajukan penambahan anggaran terkait dengan diterbitkannya Inpres tersebut.

 

Anggota Komisi I DPR RI mengapresiasi paparan dari Sesjen Wantannas dan sangat menghargai apa yang telah dilakukan oleh Setjen Wantannas selama ini. Dari hasil diskusi, dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya Komisi I DPR RI menyetujui adanya permohonan penambahan anggaran tersebut. Komisi I sendiri masih terus membahas anggaran ketiga mitranya ini untuk mendapatkan anggaran yang ideal, agar semua program berjalan.