Kedeputian Sisnas Gelar FGD Bahas Antisipasi dan Solusi Dampak Bencana Alam Terhadap Lingkungan dan Kesehatan

Kedeputian Sistem Nasional Setjen Wantannas mengadakan acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Antisipasi dan Solusi Dampak Bencana Alam Terhadap Lingkungan dan Kesehatan Dalam Rangka Menjaga Ketahanan Nasional.

 

Acara dilaksanakan di Ruang Rapat NKRI lantai 5 Setjen Wantannas pada Selasa (6/11/18) dan dipimpin oleh Deputi Sisnas Mayjen TNI Aris Martono Hariyadi. Hadir sebagai pembicara Director Centre for Environment and Population Health Prof. Cordia Chu beserta Elena Schak, dan dipandu oleh dr. Dicky Budiman selaku moderator.

 

FGD ini digelar dengan tujuan untuk memberikan masukan sesuai teori dan keilmuan. Selain itu, manajemen bencana alam dan perubahan iklim merupakan isu yang berkaitan dengan lingkungan strategis yang dapat menimbulkan dampak lingkungan dan masalah kesehatan.

Sebagai salah satu negara yang rawan terjadi bencana, Indonesia memerlukan upaya penanganan melalui manajemen bencana yang cepat tanggap dalam melayani masyarakat khususnya terkait dampak lingkungan dan kesehatan.

 

Diperlukan manajemen bencana yang baik agar upaya penyelamatan, jumlah korban jiwa dan pengurangan resiko maupun dampak bencana terhadap kerusakan lingkungan, dan kesehatan bisa dikurangi atau dicegah.

 

Fakta yang terjadi di lapangan saat bencana terjadi adalah seringkali bantuan logistik yang ada sebenarnya cukup berlimpah. Namun, masyarakat tidak dapat merasakan bantuan yang memadai akibat dari distribusi logistik yang tidak merata. Penyebabnya tidak lain karena tidak berjalannya koordinasi yang baik antar Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat, atau pihak-pihak yang menjadi donatur.

 

Oleh karena itu dibutuhkan peran Pemda untuk mengatur setiap bantuan logistik yang ada serta diperlukan koordinasi yang baik secara struktural maupun organisasi.