Terima Kunjungan Sekretaris Menhan Singapura, Sesjen Wantannas Bahas Bela Negara Hingga Isu Lingkungan

Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Letjen TNI Doni Monardo menerima kunjungan kehormatan Permanent Secretary for Defence of Singapore Mr. Chan  Yeng Kit di Kantor Setjen Wantannas Jalan Medan Merdeka Barat No.15 Jakarta Pusat, pada Rabu (7/11/2018).

 

Pertemuan tersebut membahas berbagai hal mengenai kondisi keamanan regional, isu-isu terkait terorisme dan kerusakan lingkungan serta sejauh mana Program Bela Negara yang saat ini sedang dilakukan oleh Setjen Wantannas.

 

“Singapura walaupun termasuk negara yang paling kecil luas wilayahnya di kawasan Asia Tenggara namun memiliki peran yang besar dalam hal ekonomi serta pertahanan regional, keamanan di Selat Malaka sangat tergantung dari kemampuan Singapura dan negara lainnya seperti Malaysia dan Indonesia. Sampai saat ini keamanan di Selat Malaka tersebut cukup kondusif,” ujar Sesjen.

 

Sesjen juga berharap kerjasama Singapura dan Indonesia dalam pemberantasan narkoba bisa lebih ditingkatkan lagi, sehingga masing-masing negara punya kewajiban untuk melindungi wilayah teritorialnya dari pintu masuk perdagangan narkoba.

Kerjasama intelijen antara kedua negara juga masih sangat dibutuhkan. Singapura dengan keunggulan teknologi dan jaringan komunitas global yang luas, bisa menjadi kekuatan dalam menangkal ancaman teroris seperti ISIS untuk bisa masuk dan membuat basis di wilayah regional Asia Tenggara.

 

“Dalam hal bela negara justru kami yang harus mencontoh Singapura karena sudah memiliki tingkat kesadaran warga yang sangat tinggi, seperti dalam hal kedisiplinan, etos kerja, perhatian kepada lingkungan, tanggungjawab untuk meningkatkan kesehatan. Hal inilah yang harus kami contoh dan bagaimana membangun sebuah ekosistem sehingga para warga negara memiliki kepedulian tinggi untuk membangun negaranya,” Sesjen menambahkan.

 

Dalam pertemuan tersebut, Sesjen Wantannas didampingi oleh Deputi Bid. Jiandra, Laksda TNI Teguh Prihantono, S.Sos, Sahli Bid. Hankam Mayjen TNI Toto Siswanto, S.IP., M.M., serta Anjak Bid. Renkon Polkam Kolonel Arh Dr.Budi Pramono S.IP, M.M., M.A.