BERTEMU MENPAN RB, SESJEN WANTANNAS SAMPAIKAN PROGRAM BELA NEGARA

Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Letjen TNI Doni Monardo Bertemu dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Biorkrasi (PANRB) Komjen Pol. Syafruddin di Kantor Kementerian PANRB Jalan. Jenderal Sudirman No. 69 Jakarta Selatan. Dalam pertemuan tersebut Sesjen didampingi oleh Para Deputi, Staf Ahli dan Kepala Biro Umum Setjen Wantannas.

 

Dalam pertemuan tersebut Sesjen Wantannas menyampaikan bahwa Wantannas saat ini telah menyusun modul bela negara yang jauh berbeda dengan program-program bela negara yang sebelumnya sudah ada.

 

Setjen Wantannas mencoba menawarkan program bela negara yang bersifat nirmiliter dan kekinian. Sesuai dengan arahan Presiden RI, program bela negara ini arahnya lebih kepada kesejahteraan masyarakat.

 

“Kami mencoba untuk memetakan apa yang harus kita lakukan, supaya seluruh komponen bangsa ini menjadi bagian dalam program bela negara,” ujar Sesjen.

 

Program bela negara ini juga lebih difokuskan kepada pemberdayaan masyarakat serta pengembangan kearifan lokal. Jika program bela negara ini bisa dijalankan dengan baik, Sesjen berharap tiga tahun kedepan Indonesia bisa mengurangi ketergantungan terhadap impor.

 

Sementara itu Menteri PANRB menyambut baik kunjungan Sesjen Wantannas tersebut. Ia mengatakan bahwa saat ini Indonesia belum memiliki sebuah konsep utuh untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0 karena semua konsep tersebut masih terkotak-kotak di masing-masing lembaga dan kementerian.

 

Ia juga mengapresiasi langkah yang telah ditempuh oleh Setjen Wantannas yang telah menyentuh dunia kampus. Untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0 dunia kampus sangat perlu dilibatkan, karena semua ilmu dan pemikiran ada disana sehingga bisa benar-benar dimanfaatkan untuk kepentingan bangsa.