Pesan Sesjen Wantannas Pada Pelantikan Pejabat: “Jangan Abaikan Informal Leader…”

Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Sesjen Wantannas) kembali melantik Pejabat Eselon I dan II di lingkungannya, Kamis (26/11/2018) bertempat di Ruang Nakula Lantai 6 Setjen Wantannas.

 

Selain memberikan motivasi dan pengarahan kepada pejabat yang baru dilantik, Sesjen Wantannas juga memberikan ucapan terima kasih kepada Mayjen TNI Aris Martono Haryadi dan Marsda TNI Emir Panji Dermawan, S.Sos yang telah banyak memberikan kontribusi dan sumbangan pemikiran kepada instansi Setjen Wantannas.

 

“Saya ucapkan terima kasih kepada Mayjen TNI Aris Martono Haryadi dan Marsda TNI Emir Panji Dermawan, S.Sos, juga kepada pejabat lainnya, yang telah banyak membantu saya dalam menyelesaikan tugas-tugas selama di Wantannas. Selama tujuh bulan terakhir, Setjen Wantannas telah melakukan berbagai macam tugas yang cukup memberikan kontribusi bagi peningkatan ketahanan nasional di daerah, yang utama yaitu pelaksanaan Sarasehan Nasional tentang Maluku dan Maluku Utara,” ujar Sesjen Wantannas.

Hal ini pun, lanjut Sesjen, telah memberikan kontribusi yang positif bagi wilayah Maluku dan Maluku Utara. Walaupun pada kenyataannya masih terdapat riak-riak kecil yang terjadi, namun Setjen Wantannas telah bisa memberikan sebuah konsepsi bagaimana suatu wilayah bisa menjaga sendiri keamanannya tanpa tergantung dengan aparatur negara.

 

Sarasehan Nasional memberikan pelajaran bagi kita, bahwa keberadaan mereka di tengah masyarakat, sudah dianggap sebagai bagian daripada sistem untuk mencegah terjadinya potensi-potensi konflik. Untuk kita ketahui, pada akhirnya, yang mampu mencegah dan menyangkal isu-isu negatif dan mencegah terjadinya konflik yang meluas, tidak bisa dilepaskan dari komponen masyarakat yang ada.

 

Lebih dari itu, Sesjen menyampaikan bahwa, semua komponen masyarakat bisa datang silih berganti. Akan tetapi, mereka yang memiliki kemampuan memimpin di bidang nonformal tidak boleh diabaikan.

 

“Aparatur negara di bidang keamanan bisa silih berganti. Begitu pula dengan para pejabat yang menduduki pucuk pimpinan. Akan tetapi, tokoh-tokoh pimpinan, masyarakat, budaya, dan tokoh pemuda serta mereka yang memiliki kemampuan memimpin di daerah yang bersifat nonformal, ini tidak boleh diabaikan. Kecenderungan ini muncul akibat dari sifat kita yang sedikit kurang memperhatikan mereka,” tegas Sesjen.

Kedepannya, informal leader atau pemimpin-pemimpin nonformal ini harus kita dorong agar mereka memiliki peran yang lebih luas. Mengapa demikian? Karena merekalah yang menetap sepanjang waktu, merekalah yang tahu persis gejala-gejala apa yang berkembang di tengah masyarakat, dan mereka juga yang biasanya punya resep mujarab untuk menangkal isu dan mencegah terjadinya konflik.

 

Sesjen Wantannas Letjen TNI Doni Monardo melantik sebanyak sembilan orang pejabat yang terdiri dari tiga orang personel lama di lingkungan Setjen Wantannas dan enam orang personel baru yang berasal dari insititusi lain.

 

Berikut daftar pejabat yang dilantik:

1.          Irjen Pol Drs. Sukma Edi Mulyono, M.H. Sebagai Deputi Bid. Polstra
2.          Brigjen TNI Afanti S. Uloli, S.E., M.Si Sebagai Deputi Bid. Sisnas
3.          Marsma TNI Dr. Sungkono, S.E., M.Si. Sebagai Deputi Bid. Pengembangan
4.          Laksda TNI Manahan Simorangkir, S.E., M.Sc. Sebagai Sahli Bid. Sosbud
5.          Irjen Pol Drs. Indra Miza, M.Si Sebagai Sahli Bid. Hukum
6.          Abdul Sofa, S.H., M.H.

 

Sebagai Bandep Ur. Kumdang Kedeputian Pengembangan
7.          Kombes Pol Drs. Juhartana, M.Si

 

Sebagai Bandep Ur. Ekonomi Kedeputian Pengembangan
8.          Kolonel Cpl. Jajah Subarjah, S.E., M.M.

 

Sebagai Anjak Bid. Pullahinfo Kedeputian Sisnas
9.          Kolonel Inf Sofyan Yahya Botutihe, M.BA

 

Sebagai Anjak Bid. Sosbud Nas Kedeputian Jiandra