Sesjen Wantannas Menjadi Pembicara Utama di Acara Yang Diselenggarakan Kemenristek Dikti di Semarang

Sesjen Wantannas, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo memberikan sambutan sekaligus menjadi pembicara utama pada acara Sosialisasi dan Launching Gerakan Akademi Komunitas Berbasis Pesantren Dan Pameran Industri, dengan tema Meningkatkan Kualitas SDM dan Mewujudkan Bela Negara Santri dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Melalui Pendidikan Akademi Berbasis Pesantren. Acara yang di selenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi ini selenggarakan pada tanggal 5 – 6 Desember 2018 di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang. Acara ini dibuka oleh Menteri Ristekdikti, Bapak Natsir dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Bapak Kyai Haji Taj Yasin Maimun Zubair dan para Rektor lembaga pendidikan tinggi wilayah 6.

 

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka pengembangan pendidikan tinggi vokasi untuk mempercepat penyediaan tenaga kerja terampil lulusan Diploma di daerah. Pemerintah mendorong peningkatan jumlah perguruan tinggi dalam bentuk akademi komunitas swasta yang menyelenggarakan program studi Diploma Satu dan Diploma Dua, berbasis keunggulan lokal atau untuk memenuhi kebutuhan khusus.  Salah satu bentuk yang dilakukan diantaranya yaitu penyelarasan pendidikan tinggi antara industri dengan komunitas pendidikan pesantren yang memiliki budaya kebersamaan dan kepedulian sosial dalam pengembangan teknologi dan inovasi di bidang pendidikan.

Dalam paparannya, Sesjen Wantannas mengatakan para santri harus mampu mengembangkan potensi-potensi lokal untuk membuka lapangan usaha. Banyak potensi lokal di bidang pertanian dan perikanan yang dapat digarap. Apalagi tren sekarang adalah penggabungan unsur akademisi, pengusaha, pemerintah, komunitas masyarakat dan media atau lebih dikenal dengan Metode Pentahelix, dapat mempercepat akselerasi pencapaian program kerja yang dilaksanakan.

 

Pada kesempatan tersebut Sesjen Wantannas didampingi oleh Deputi Sistem Nasional Setjen Wantannas, Brigjen TNI Afanti S. Uloli, SE, M.Si serta Analis Kebijakan Bidang Renkon Polkam Setjen Wantannas , Kol. Arh. Dr. Budi Pramono, S.IP, MM, MA.