Setjen Wantannas Akan Selenggarakan Rembuk Nasional dan Musyawarah Nasional Penyusunan Program Bela Negara

Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas) akan menggelar Rembuk Nasional Bela Negara dan Musyawarah Nasional Penyusunan Program Bela Negara yang rencanannya akan digelar di Hotel Bidakara Jakarta pada 17 – 20 Desember 2018.

 

Rencananya Rembuk Nasional Bela Negara akan berlangsung selama dua hari dari tanggal 17 hingga 18 Desember 2018 dan dibuka langsung oleh Menko Polhukam Wiranto. Acara dengan konsep Seminar dan Lokakarya tersebut mengundang para pejabat eselon I dari Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Provinsi, serta Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten.

 

Acara Rembuk Nasional Bela Negara tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi seluruh peserta tentang konsepsi, modul, rencana pendidikan dan pelatihan instruktur dan kader, serta sistem informasi dan pelaporan aksi Bela Negara.

 

Pada hari pertama Rembuk Nasional, Setjen Wantannas akan menjelaskan tentang Inpres No.7 Tahun 2018, penjelasan konsep dan isi modul I dan II oleh pakar, serta penjelasan pemanfaatan Sistem Informasi dan Mekanisme Pelaporan Bela Negara kepada para peserta.

Di hari kedua, Setjen Wantannas akan menjelaskan rencana aksi bela negara dan penjelasan penyelenggaraan pelatihan perancang pendidikan dan pelatihan bela negara kepada peserta.

 

Sementara itu, penyelenggaraan Musyawarah Nasional Penyusunan Program Bela Negara akan dilaksanakan selama dua hari pada hari berikutnya yaitu mulai tanggal 19 sampai 20 Desember 2018.

 

Musyawarah Nasional tersebut bertujuan untuk menyusun program bela negara sebagai salah satu program prioritas dalam Rencana Kerja Pemerintah tahun 2019.

 

Sesuai Inpres Nomor 7 Tahun 2018, Setjen Wantannas mendapat tugas untuk mengkoordinasikan kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah untuk melakukan rencana aksi nasional bela negara tahun 2018-2019 serta melaporkan kepada Presiden hasil pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Bela Negara. 

 

Setjen Wantannas saat ini telah membuat Modul Bela Negara yang akan menjadi panduan bagi kementerian/lembaga, serta pemerintah daerah dalam menyusun konsep bela negara sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.