Kedeputian Pengembangan Sambangi Kaltim Guna Lakukan Pengkajian Daerah

Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi sumber daya alam yang tersebar dibeberapa daerah kabupaten dan kotanya, dan telah menggerakan roda perekonomian daerah. Namun, di sisi lain telah menimbulkan berbagai permasalahan sosial dan  kerusakan serta pencemaran lingkungan.

 

Untuk mengantisipasi permasalahan sosial dan kerusakan lingkungan yang lebih parah, Kedeputian Pengembangan Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas) melakukan kegiatan Pengkajian Daerah (Kajida) ke Provinsi Kaltim yang sudah dimulai sejak Senin (08/04/2019).

Tim Kajida dipimpin oleh Deputi Pengembangan Setjen Wantannas Marsekal Muda TNI Dr. Sungkono, SE, M.Si dengan tujuan mengetahui lebih dekat permasalahan yang ditimbulkan oleh pembangunan dan pengeksplotasian sumber daya alam dan pengaruhnya terhadap perubahan sosial budaya masyarakat.

 

Adapun salah satu kegiatannya adalah melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) wilayah Kaltim, dan disambut oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim Yudi Kurniadi dengan didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Soenaryono, Kepala Divisi Administrasi Hajrianor, serta Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Nur Ichwan.

Pada kesempatan itu, Tim Kajida Debang dan pihak Kanwil membahas Keimigrasian, Pemasyarakatan, Pelayanan Hukum dan HAM serta optimalisasi pengelolaan sumber daya alam yang berkesinambungan untuk menjaga lingkungan hidup dalam rangka ketahanan nasional.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan audiensi bersama Kodam VI/Mlw yang dipandu oleh Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Richard Tampubolon bersama pejabat Kodam VI/Mlw lainnya. Selain itu, diselenggarakan juga On Air di RRI Samarinda untuk segmen Dialog Interaktif  Bela Negara.

Anggota Kedeputian Pengembangan yang ikut dalam Kajida tersebut adalah Pembantu Deputi Urusan Sosial Budaya Brigjen TNI Yudi Abrimantyo, S.IP, M.Si., Analis Kebijakan Bidang Pendidikan Kolonel Arm. Ganef Suwondo, S.IP., Analis Kebijakan Bidang Pengembangan Kesejahteraan Sosial Kolonel Sus. Drs. H. Nurofik, Analis Kebijakan Bidang Perundang-Undangan Maulana SH, MH. Kunjungan ke Kaltim dijadwalkan akan berlangsung sampai Jumat (12/04/2019). ***(np)