Kajida Polstra Mendalami Daerah Kulon Progo Sebagai Swakarsa Kabupaten Mandiri

Sekretariat Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas) melalui Kedeputian Politik dan Strategi (Depolstra) melakukan kegiatan Kajian Daerah ke Daerah Kulon Progo Provinsi D.I. Yogyakarta pada Selasa (02/07/2019). Acara ini diketuai oleh Pembantu Deputi Urusan Politik Nasional Brigjen Pol Drs. Ismail Bafadal, M.H., di bawah tanggung jawab Deputi Bidang Politik dan Strategi Irjen Pol Drs. Sukma Edi Mulyono, MH.

 

Kabupaten Kulon Progo telah berhasil membangun kemandirian dalam hal memenuhi kebutuhan pokok dengan program Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Kebijakan ini didasarkan atas Peraturan Daerah Kabupaten yang mewajibkan warga mengkonsumsi/membeli air mineral, beras, dan komoditas lokal yang diproduksi oleh warga sendiri. Hal ini berhasil mendorong usaha kecil lokal terus beraktivitas di tengah-tengah kegiatan ekonomi daerah, sehingga mengurangi ketergantungan pada suplier dari luar daerah.

Dalam hal ini, Tim Kedeputian Politik dan Strategi ingin mendalami data dan fakta tentang upaya Pemerintah Daerah Kulon Progo menjadikan Pemda sebagai Swakarsa Kabupaten Mandiri dalam menyusun kajian dalam bentuk saran dan masukan kepada Presiden selaku Ketua Wantannas.

 

Kegiatan dimulai dengan melakukan audiensi bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo, selanjutnya mengunjungi Polres dan Kodim Kulon Progo dan tidak lupa berdialog dengan tokoh masyarakat Kulon Progo untuk memperoleh informasi yang lebih akurat mengenai Peraturan Daerah yang membantu kemandirian masyarakat.

Pejabat yang turut serta dalam tim antara lain Analis Kebijakan Bidang Pengumpulan dan Pengolahan Data Politik Nasional Kolonel Inf. M. Affandi serta Analis Kebijakan Bidang Perumusan Pengkajian Politik Nasional Kol Laut Ir. Rusmana, M.T., M.Tr (Han).

 

Rangkaian kegiatan Pengkajian Daerah ini berlangsung selama tiga hari, mulai Selasa (02/07/2019) sampai Jumat (05/07/2019).