Entry Briefing Sesjen Wantannas Laksda TNI Ir. Achmad Djamaludin, M.AP Pasca Pelantikan

Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional, Laksda Ir. Achmad Djamaludin, M.AP

Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Sesjen Wantannas) Laksda TNI Ir. Achmad Djamaludin, M.A.P, Senin (08/07/2019) secara resmi untuk pertama kalinya memimpin Entry Briefing, di Ruang Nakula, Lantai 6 Kantor Kemenko Polhukam RI, Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 15, Jakarta Pusat.

 

Dalam kegiatan bertema Entry Briefing ini, Achmad Djamaludin menyampaikan beberapa arahan sebagai fokus perbaikan organisasi Setjen Wantannas ke depan. Salah satunya menyoroti jumlah anggota TNI dan Polri serta ASN yang harus proporsional.

 

“Saya tegaskan sekali lagi, bahwa Setjen Wantannas itu bukan organisasi TNI atau Polri, bukan juga cabang dari Kementerian Pertahanan atau cabang Mabes TNI dan Polri, kita ini organisasi sipil, institusi sipil. Oleh karenanya, Bagian Kepegawaian harus bisa menyusun posisi TNI, Polri dan Sipil secara proporsional, dan penempatan jabatan harus berdasarkan merit system, the right man in the right job, ” jelasnya.

Sesjen Wantannas, Laksda Ir. TNI Djamaludin, M.AP saat memberikan arahan di depan pejabat dan staf Setjen Wantannas

Achmad Djamaludin menambahkan bahwa kinerja menjadi tolak ukur pembinaan karir, artinya masing-masing anggota baik ASN maupun TNI dan Polri bisa menduduki suatu jabatan bukan berdasarkan dari lamanya mengabdi, namun dari kualitas kinerja yang dimiliki setiap individu.

 

Achmad Djamaludin juga menyoroti budaya yang ada di lingkungan Setjen Wantannas yaitu untuk tetap mempertahankan budaya militer-sipil, dimana kedisiplinan militer menjadi contoh yang baik untuk warga sipil, serta diharapkan mix antara budaya ASN yang biasanya output oriented dan militer yang mengacu pada process oriented, sehingga menghasilkan budaya baru yang mampu mengangkat kualitas organisasi Setjen Wantannas.

 

Sebagai penutup, Achmad Djamaludin menyampaikan pesan untuk bekerja ikhlas dan maksimal sebagai implementasi dari keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta menghimbau kepada seluruh personil Setjen Wantannas agar lebih taat lagi menjalankan kewajiban sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

Sesjen Wantannas, Laksda Ir. TNI Djamaludin, M.AP saat memberikan arahan di depan pejabat dan staf Setjen Wantannas

“Mari satukan tekad dan semangat serta upaya untuk meningkatkan eksistensi Wantannas sehingga menghasilkan kajian dan saran yang berkualitas untuk Presiden, kalau Presiden tidak merespon saran kita, artinya saran kita tidak berkualitas. Untuk itu, mari kita angkat isu-isu nasional yang berdampak luas,” ujarnya.

 

Sebagai Sesjen Wantannas yang baru, Achmad Djamaludin memohon dukungan penuh dari seluruh anggota Setjen Wantannas, dan mengingatkan agar menggunakan cara-cara yang baik apabila ingin memberi teguran kepada mereka yang melanggar aturan atau budaya.