Deputi Pengembangan Kaji Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Penanggulangan Bencana Alam di Provinsi Jambi

Jambi merupakan salah satu provinsi di daerah Sumatera yang memiliki kondisi geografis yang cukup strategis diapit beberapa kota besar di sekitarnya. Di sebelah Utara berbatasan dengan Provinsi Riau, sebelah Timur dengan Selat Berhala, sebelah Selatan berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan dan sebelah Barat dengan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Bengkulu.

 

Potensi Sumber Daya Alam (SDA) di Provinsi Jambi beragam dan melimpah yang meliputi minyak dan gas bumi, batu bara, kehutanan, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan merupakan andalan daerah Provinsi Jambi dalam mensejahterakan warganya. Namun sampai saat ini keberadaan sumber daya alam tersebut terutama sektor kehutanan masih belum sepenuhnya mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat Jambi.

Sekretariat Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas) melalui Kedeputian Pengembangan melakukan Kajian Daerah (Kajida) ke Provinsi Jambi khususnya Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Batanghari untuk mendapatkan data dan informasi yang akurat perihal pengelolaan SDA dan penanggulangan bencana alam yang dilakukan pemerintah daerah dan perusahaan-perusahaan disana.

 

Sesuai jadwal, kegiatan yang dimulai pada Selasa (09/07/2019), akan terus berlanjut hingga Jumat (12/07/2019). Deputi Bidang Pengembangan Marsda TNI Dr. Sungkono. SE, M. Si. memimpin langsung jalannya Kajida. Setelah melakukan audiensi dengan Pemerintah Provinsi Jambi dan Polda Jambi, tim kemudian mengadakan talkshow yang bertempat di RRI Jambi, membahas Bela Negara untuk Kemakmuran Rakyat.

Pejabat yang turut serta dalam Kajida kali ini yaitu Pembantu Deputi Urusan Pertahanan dan Keamanan Brigjen TNI Mundasir, S.IP, MM, NDC., Analis Kebijakan Bidang Pengembangan Militer dan Kepolisian Kolonel Inf Joko Setyo Putro, dan Analis Kebijakan Bidang Pengembangan Mobilisasi dan Demobilisasi Kolonel Lek. Ir. Yufie Syafari.***(np)