Setjen Wantannas Menerima Kunjungan Tim BPK Terkait Pelaksanaan Bela Negara

Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Sesjen Wantannas) Laksdya TNI Achmad Djamaludin bersama Kepala Satuan Tugas Bela Negara dan tim, serta para Kepala Biro menerima langsung kunjungan kerja yang dilakukan tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jumat (09/08/2019).

 

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan pemeriksaan pendahuluan atas pembinaan kesadaran bela negara pada Kementerian Pertahanan, TNI serta instansi terkait termasuk Setjen Wantannas.

 

Dalam sambutannya, Sesjen Wantannas Laksdya TNI Achmad Djamaludin menjelaskan tugas Bela Negara ini tergolong masih baru di Setjen Wantannas sehingga membutuhkan kerjasama, bimbingan serta pendampingan dari BPK.

Wakil Penanggung Jawab II BPK John Ferdinand Rotinsulu, S.E., M.Si., Ak., dalam paparannya menyampaikan bahwa ada tiga hal yang akan dikonfirmasi BPK kepada Setjen Wantannas sebagai koordinator bela negara yaitu 1) Kerangka hukum peraturan perundang-undangan bela negara; 2) kondisi yang melatarbelakangi ditetapkannya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Bela Negara Tahun 2018-2019; dan 3) Strategi Setjen Wantannas melaksanakan Inpres tersebut.

Ketua Tim BPK yang dipimpin oleh Jhon Ferdinand Rotinsulu, S.E., M.Si., Ak., akan melakukan riset selama dua puluh hari di Setjen Wantannas. Adapun tujuannya, untuk mempelajari dan mengevaluasi secara terperinci data-data dan dokumen yang berkaitan dengan pelaksanaan program bela negara yang sudah dilakukan selama tahun 2018-2019.

Anggota tim BPK yang turut mendampingi selama riset antara lain Esther Retiziana Pangaribuan, S.E., M.Si, Bombit Agus Mulyono, S.E., M.M., Ak., Kriesaninso, S.E., Irfan Mangkunegara. S.E., Zamroni Hedy Fathnanto, S.E., Ak., Rama Donantika, S.E. ***(np)