Kedeputian Sistem Nasional Setjen Wantannas Kaji Daerah Maluku Tenggara Sebagai Pusat Kegiatan Strategis Nasional

Kedeputian Sistem Nasional Setjen Wantannas Kaji Daerah Maluku Tenggara

Provinsi Maluku merupakan salah satu Kawasan Strategis Nasional (KSN) yang berupa Kawasan Perbatasan Negara (KPN) berbentuk kepulauan dan berbatasan dengan Negara Timor Leste dan Negara Australia. Kabupaten Maluku Tenggara yang termasuk ke dalam gugusan Kepulauan Kei adalah bagian dari kawasan perbatasan negara di laut.

 

Sementara itu Pulau Kei Besar yang termasuk dalam 19 Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) telah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Nasional Tertentu (KSNT) Provinsi Maluku yaitu kawasan yang terkait dengan kedaulatan negara, pengendalian lingkungan hidup, dan situs warisan dunia, yang pengembangannya diprioritaskan bagi kepentingan nasional.

 

Namun pada kenyataannya, Kabupaten Maluku Tenggara masih mengalami tantangan pembangunan yang cukup berat yaitu diantaranya iklim usaha dan investasi yang belum kondusif, serta pemanfaatan potensi sumber daya alam yang masih belum optimal.

 

Berdasarkan fenomena yang ada, Kedeputian Sistem Nasional Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas) melakukan kunjungan untuk Pengkajian Daerah (Kajida) ke daerah Kabupaten Maluku Tenggara pada Selasa, (13/08/2019). Tujuannya adalah untuk mendapatkan data dan informasi guna mendorong pembentukan Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN) di Provinsi Maluku dimana salah satunya adalah Kabupaten Maluku Tenggara sebagai pilot project bagi lokasi prioritas lainnya di Provinsi Maluku.

 

Deputi Sistem Nasional Mayjen TNI Afanti S. Uloli, SE, M.Si. bertindak sebagai Penanggung Jawab Tim, serta Pembantu Deputi Urusan Lingkungan Alam Brigjen TNI Karev Marpaung, S.Sos., MM sebagai Ketua Tim.

 

Saat melakukan audiensi dengan Pemerintah Daerah Maluku. Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Drs. Murad Ismail dan Wakil Gubernur Maluku Drs. Barnabas N. Orno bersama jajarannya, menerima secara langsung kunjungan Tim Kajida Setjen Wantannas.

 

Tim Kajida Kedeputian Sistem Nasional juga melaksanakan audiensi dengan Kapolda Maluku Irjen Polisi Royke Lunow dan jajaranya. Di samping itu, adapula wawancara yang dilakukan bersama TVRI Maluku dan penunjukan narasumber yang didelegasikan kepada Pembantu Deputi Urusan Informasi dan Pengolahan Data Brigjen TNI Dr. Budi Pramono, S.IP, MM, MA, dan Kantor Walikota Ambon.

 

Kunjungan ke daerah ini juga melibatkan Pejabat Setjen Wantannas lainnya yaitu Kepala Biro Persidangan, Sistem Informasi, dan Pengawasan Internal Brigjen TNI Isaac Marcus P., Analis Kebijakan Bidang Demografi Kolonel Laut (T) A. Muljadi Priyo Nugroho, Analis Kebijakan Bidang Geografi Kombes Pol. Yulias, S.IK., serta Analis Kebijakan Bidang Sumber Daya Alam Dra. Sri Rahayu Purwaningtyastuti.

 

Seperti yang sudah dijadwalkan, Kajida akan berlangsung sampai Jumat, (16/08/2019).***(np)