KEDEPUTIAN DEPOLSTRA KAJI KESIAPAN PEMDA KAB. CIANJUR DAN KAB. SUKABUMI MENJELANG PILKADA SERENTAK 2020

Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas) melalui Kedeputian Politik dan Strategi melakukan Kajian Daerah (Kajida) ke Jawa Barat untuk mendapatkan data dan informasi mengenai upaya pemerintah daerah dan aparat keamanan khususnya di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi dalam menjaga stabilitas keamanan menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020, Selasa (11/03/2020).

 

Deputi Bidang Politik dan Strategi Irjen Pol Drs. Sukma Edi Mulyono, M.H. bersama tim diterima langsung Dandim Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat Cianjur. Irjen Pol Drs. Sukma Edi Mulyono, M.H. menyampaikan bahwa Kabupaten Cianjur merupakan daerah yang damai namun memiliki Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) nomor dua se-Jawa Barat sehingga orang akan membentuk opini-opini lain soal Cianjur. Ia pun mengapresiasi penyelenggaraan Pilkades di Kabupaten Cianjur beberapa waktu lalu. Menurutnya, Pilkades serentak di Cianjur berjalan aman dan kondusif.

 

Tim Kajida Depolstra melanjutkan audiensi ke Polres Cianjur terkait persiapan dan pencegahan tentang Keamanan dan Ketertiban Masyarakat serta penanggulangan pelanggaran Pilkada serentak tahun 2020 di Cianjur.

 

Di hari kedua, tim kajida melakukan audiensi dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 0622 Kabupaten Sukabumi bersama tokoh masyarakat dan tokoh agama. Selain fokus mengkaji informasi terkait pemilu, tim juga memantau situasi gempa 5.0 SR yang menggucang Sukabumi pada Senin (10/03) sore terutama di Pulau Sari dan Parabu Salak.

 

Kegiatan Kajida yang diketuai oleh Pembantu Deputi Urusan Politik Nasional Brigjen Pol Drs. Ismail Bafadal, MH beserta tim selanjutnya melakukan audiensi dengan stakeholder yang terlibat langsung saat Pemilu nanti antara lain, Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Sukabumi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukabumi, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukabumi, Organisasi Masyarakat serta perwakilan beberapa Partai Politik di Sukabumi. ***(np)