Menpora: Jokowi Ingin Timnas Indonesia U-19 Lolos Penyisihan

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali mengatakan PresidenĀ Joko Widodo berharapĀ Timnas Indonesia U-19 bisa memenuhi target lolos dari fase grup saat menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Indonesia otomatis lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2021 dengan menyandang status tuan rumah. Meski sudah lolos, Indonesia tetap mengikuti Piala Asia U-19 yang juga turnamen kualifikasi baru akan digelar di Uzbekistan 14-31 Oktober mendatang.

Sebagai tuan rumah, Presiden Jokowi berharap Indonesia tidak hanya sukses sebagai penyelenggara tapi juga dari sisi prestasi.

“Target dari presiden adalah hasil maksimal. Tidak hanya [terhenti di] penyisihan [lolos fase grup], karena kita lolos sebagai tuan rumah, bukan [hasil] kualifikasi. Jadi jatah tuan rumah harus dimanfaatkan benar-benar. Harapan Presiden timnas bisa berprestasi maksimal, tentu beliau juga realistis,” kata Menpora Zainuddin Amali usai rapat internal terbatas di Istana Presiden, Jakarta, Rabu (1/7).

Arahan dari Presiden membuat PSSI sebagai otoritas sepak bola Indonesia bakal mengambil tanggung jawab terkait prestasi Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Sebelumnya, PSSI dalam pernyataan di situs resmi mengatakan siap melaksanakan amanat Presiden Jokowi untuk sukses penyelenggaraan dan Timnas Indonesia bisa mencapai prestasi maksimal pada gelaran Piala Dunia U-20 2021 tahun depan.

“Sepak bola adalah cara untuk mengangkat harkat martabat bangsa. Kami siap melaksanakan arahan Presiden Jokowi bahwa prestasi timnas Indonesia harus ‘bunyi’ saat jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021,” sebut Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan atau Iwan Bule, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Plt Sekjen Yunus Nusi menegaskan PSSI ingin Timnas Indonesia setidaknya bisa lolos dari fase grup di Piala Dunia U-20 2021. Setelah melewati tahapan itu, timnas diharapkan bisa tembus ke babak delapan besar dan semifinal.

“Tolok ukurnya adalah saat AFC U-19 Championship di Uzbekistan pada Oktober nanti. Timnas harus menunjukkan prestasi maksimal di ajang resmi yang kita jadikan persiapan menuju Piala Dunia itu,” ucapnya.

Sumber : cnnindonesia