Setjen Wantannas Kunjungan Kerja ke PT Nucifera Alam Indonesia

Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas) melakukan kunjungan kerja ke PT Nucifera Alam Indonesia, Jl. Padat Karya No. 88 RT 07/06 Cukang Galih Curug, Tangerang, Banten, Kamis (16/07/2020). Badan usaha yang sudah berdiri sejak tahun 2009, merupakan perusahaan yang menyediakan produk-produk Cosmetics, Herbal, serta Home & Personal Care di Indonesia dan telah memiliki sertifikat Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB), sertifikat Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik(CPOTB) serta sertifikat Halal.

Kunjungan kerja dimaksudkan untuk melihat secara langsung proses pengolahan produk-produk Virgin Coconut Oil (VCO). Dalam paparannya, CEO PT Nucifera Bonaventura Muliawan menyampaikan bahwa niat mengembangkan perusahaan ini karena melihat populasi tanaman kelapa di Indonesia tergolong besar. Indonesia sebagai negara tropis memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa, di mana banyak penelitian dari pihak luar dan dalam negeri dilakukan di wilayah ini, khususnya terkait dengan penyakit dan obat-obatan berupa Jamu/Obat Herbal. Hampir semua bagian buah dan pohon kelapa bisa di manfaatkan. VCO sebagai salah satu produk turunan dari daging buah kelapa, memiliki fungsi yang dapat meningkatkan kesehatan (daya imunitas tubuh terhadap berbagai penyakit degenaratif) dan bahan baku kosmetik alami yang bernilai tinggi. Bonaventura juga menjelaskan rangkaian produk dari PT. Nucifera Alam Indonesia mencakup beberapa brand yaitu be Young, be Nevicio dan LaQQu.

 

 

Agenda ini bertujuan untuk tindak lanjut melengkapi bahan kajian yang sedang dikerjakan tim Rakertas dan Pokjasus Kedeputian Pengembangan Setjen Wantannas terkait penyusunan materi Solusi Terstruktur Akselerasi Prosedur Uji Klinis Produk Jamu Dan Obat Herbal Terstandar (OHT) Menjadi Kategori Fitofarmaka Dalam Rangka Penanganan Krisis Pandemi Covid-19. Yang nantinya diperlukan penguatan fasilitas dari pemerintah dan pemangku kepentingan terkait lainnya untuk mendorong riset terkait potensi Jamu dan OHT dalam penanganan Covid-19.

 

 

Pejabat Setjen Wantannas yang turut dalam kunjungan kerja ini antara lain, DeputiĀ  Bidang Politik dan Strategi Irjen Pol Drs. Sukma Edi Mulyono, M.H., Deputi Bidang Pengembangan Marsda TNI Dr. Sungkono, S.E., M.Si, Deputi Bidang Pengkajian dan Penginderaan Laksda TNI Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.AP., Deputi Bidang Sistem Nasional Brigjen TNI Made Datrawan, S.IP., Staf Ahli Bidang Ekonomi Mayjen TNI Moh. Hatta Usmar Rukka, Staf Ahli Bidang Sosial Budaya Brigjen TNI Ana Supriatna, S.IP., M.Si. bersama pejabat lainnya. (np)