SETJEN WANTANNAS MENERIMA LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN KEUANGAN TAHUN 2019 DENGAN OPINI WTP

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga (K/L) Tahun 2019 kepada 13 K/L di Audiotorium BPK RI, lantai 2 Tower BPK, pada Rabu (23/7). LHP tersebut diserahkan langsung oleh Anggota I Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan (Polhukhankam), Dr. Hendra Susanto M. Eng., M.H., CSFA, CFrA kepada Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Sesjen Wantannas) Laksdya TNI Ir. Achmad Djamaludin, M.A.P.

 

Anggota I BPK dalam sambutannya mengatakan bahwa berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas Laporan Keuangan K\L Tahun 2019, BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada Setjen Wantannas. Menurut Anggota I BPK, prestasi tersebut merupakan sebuah komitmen yang dilakukan Setjen Wantannas beserta K\L lainnya dalam upaya mendukung peningkatan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara.

“BPK mengucapkan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada K/L beserta seluruh jajarannya yang telah berhasil mempertahankan opini WTP yang telah diberikan pada tahun sebelumnya. Prestasi ini merupakan sebuah komitmen yang dilakukan masing-masing K/L dalam upaya mendukung peningkatan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara”, ungkap Anggota I BPK.

 

Hendra Susanto juga menegaskan bahwa predikat WTP bukan hadiah dari BPK melainkan hasil capaian kerja keras K/L dalam meraih dan mempertahankan opini WTP.

Tujuan diadakannya pemeriksaan LKKL adalah untuk memperoleh keyakinan memadai sehingga pemeriksa mampu memberikan opini bahwa laporan keuangan menyajikan secara wajar, dalam semua hal yang material, atas kesesuaian dengan standar akuntansi, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Pemeriksaan ini dilakukan oleh BPK dalam rangka memberikan pernyataan opini tentang tingkat kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan Pemerintah yang telah tertuang didalam UU No.15 Th 2004. BPK juga dalam menjalankan tugas pemeriksaan mengedepankan nilai-nilai dasar independen, integritas dan profesionalisme.

Pejabat Setjen Wantannas yang turut mendampingi antara lain, Kepala Biro Perencanaan, Organisasi dan Keuangan Marsma TNI Shopian dan Kepala Biro Persidangan, Sistem Informasi, dan Pengawasan Internal Brigjen TNI Drs. Haris Sarjana, M.M., M.Tr. (Han) bersama tim.***(np)