SESJEN WANTANNAS RI : MASALAH KEAMANAN NASIONAL ITU SANGAT KOMPLEKS, JADI HARUS DITANGANI SECARA KOMPREHENSIF DAN HOLISTIK

Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Sesjen Wantannas) Laksdya TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos, SH, MH, M.Tr Opsla melaksanakan kunjungan kerja ke Poso, Sulawesi Tengah, Senin hingga Rabu 13-15 Desember 2021.

Dalam kunjungannya tersebut, Sesjen Wantannas memaparkan tugas dan fungsi Dewan Ketahanan Nasional sebagai lembaga pemerintah yang berkedudukan di bawah Presiden dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Tugas Wantannas diantaranya adalah memberi saran dan masukan kepada Presiden terkait kebijakan – kebijakan pada sektor Ipoleksosbudhankam. Wantannas juga memiliki kewenangan tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan pembinaan ketahanan nasional untuk menjamin pencapaian tujuan dan kepentingan nasional Indonesia.

“Masalah keamanan nasional itu sangat kompleks, jadi harus ditangani secara komprehensif dan holistik. Perkembangan lingkungan strategis yang berkembang senantiasa membawa perubahan terhadap spektrum ancaman yang juga semakin kompleks dan berimplikasi terhadap terancamnya eksistensi negara”, ujar Sesjen.

Selain itu, Sesjen Wantannas juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah atas upaya-upaya yang telah dilakukan untuk menjaga stabilitas keamanan dan kesatuan bangsa.

“Terima kasih, pemerintah daerah (Sulawesi Tengah) sudah berbuat yang signifikan untuk menjaganya,” tuturnya.

Kunjungan kerja Sesjen Wantannas ke Poso tidak lain adalah untuk mencari informasi terkait konflik yang terjadi di Poso serta kemungkinan penyelesaian secara permanen  di daerah sasaran, baik dari pejabat daerah, TNI maupun Polri.

Adapun wilayah-wilayah yang menjadi target untuk disanbangi diantaranya adalah kantor Gubernur dan Polda Sulawesi Tengah.

Dalam kunjungan tersebut, Sesjen Wantannas didampingi oleh Bandep Urs. Sosbud Kedeputian Pengembangan Brigjen TNI Yudha Fitri.***(dfn)