Indonesia Juara Pertama Dunia di Olimpiade Matematika Internasional

Jelang akhir tahun, kabar membanggakan datang dari prestasi siswa Indonesia di kancah kompetisi internasional. Mischka dan Devon, siswa ACS Jakarta meraih empat medali di Olimpiade Matematika dan Sains Internasional. Dua kakak beradik Devon Kei Enzo dan Mischka Aoki kembali meraih dua Medali Emas, satu Medali Perak, dan Overall Winner Champion dari Indonesia di ajang IJMO (International Junior Math Olympiad) dan VANDA Global Science Final Olympiad. Capaian ini menjadikan mereka, satu satunya pelajar Indonesia yang menerima Global Olympiad Scholar. Sang adik, Devon Kei selain menduduki posisi peringkat pertama dunia dalam VANDA Global Science Final Olympiad, juga menjadi satu satunya pelajar asal Indonesia yang terpilih untuk menerima Global Math Olympiad Scholar. Dalam ajang ini hanya terpilih 5 pelajar terbaik dari seluruh dunia untuk mendapatkan kesempatan training khusus dengan pakar-pakar matematika kelas dunia.

“Tentunya berkompetisi dengan siswa-siswi terbaik dari seluruh penjuru dunia menjadi suatu tantangan terbesar bagi kita berdua,” ungkap Devon melalui pesan singkat kepada Kompas.com (21/12/2021). “Tapi ini lah yang memicu dan menantang kita untuk terus memberikan yang terbaik, terus berlatih, dan lebih teliti untuk menyelesaikan soal-soal olimpiade tersebut,” tambah Mischka. IJMO (International Junior Math Olympiad) yang diikuti Mischka dan Devon merupakan olimpiade matematika tingkat Internasional yang bergengsi, karena tidak semua pelajar bisa mengikutinya. Baca juga: Ini Deretan Prestasi UII Yogyakarta Sepanjang 2021, dari Pengakuan Internasional hingga Inovasi Teknologi IJMO hanya boleh diikuti siswa peraih Medali Emas dan Perak dari olimpiade-olimpiade matematika Internasional yang diundang untuk mengikuti ajang olimpiade ini dalam mewakili negara mereka.

Prestasi di tengah pandemi

Belajar di tengah masa pandemi nyatanya tidak menyurutkan semangat kedua kakak beradik ini untuk terus mencapai prestasi tertinggi.
“Walaupun dengan banyak nya aktivitas yang terbatasi, penting sekali untuk kita selalu produktif. Pandemi ini membuat kita berdua lebih menghargai dan manage waktu yang terus berjalan dengan bijak dan baik,” jelas Mischka. “Kita harus bisa menggunakan waktu kita sebaik mungkin. Belajar hal hal yang baru, meraih prestasi prestasi baru. We have to come out from this pandemic as a better person.┬áJadi kita harus tetap bisa berkreasi, terus belajar, menambah ilmu kita, terus bersemangat dan terus memberikan yang terbaik dalam hal apapun itu,” kata Devon lebih lanjut. Sepanjang tahun 2021 ini saja, Mischka Aoki dan Devon Kei Enzo, berhasil meraih lebih dari 40 medali dari olimpiade matematika dan sains internasional untuk Indonesia. Belum lama ini, mereka juga dinobatkan sebagai Kader Bela Negara oleh Kementerian Pertahanan pada Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 lalu.

Sumber : Kompas.com