Language:

Search

Dewan Ketahanan Nasional Siap Bantu PTDI Jadi Ikon Kemajuan Kedirgantaraan Indonesia

  • Share this:
Dewan Ketahanan Nasional Siap Bantu PTDI Jadi Ikon Kemajuan Kedirgantaraan Indonesia

Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Laksdya TNI Harjo Susmoro meninjau kesiapan PT Dirgantara Indonesia dalam memproduksi alutsista. Diketahui,  PTDI  masuk dalam Holding BUMN Industri Pertahanan.     

Harjo menyampaikan, PTDI akan berperan dalam produksi alat utama sistem senjata ( alutsista ) dalam negeri di bidang dirgantara. Peninjauan itu dilakukan selama tiga hari sejak 17-19 Mei 2022 lalu.     

Harjo menjelaskan langkah strategis yang telah dilakukan pemerintah untuk mengoptimalkan kemandirian industri pertahanan nasional.     

“Salah satu langkah strategis dalam mengoptimalkan kemandirian industri pertahanan nasional adalah melalui penunjukkan PT PAL sebagai Lead Integrator di industri alpahankam Matra Laut, PT. Dirgantara Indonesia sebagai Lead Integrator di industri alpahankam Matra Udara, dan PT. Pindad (persero) sebagai Lead Integrator di industri alpahankam Matra Darat,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (20/5/2022).     

Ia menyebut pihaknya sebagai representatif dari pemerintah akan mengupayakan semaksimal mungkin mendukung PT DI menjadi ikon kemajuan  Kedirgantaraan       Indonesia. Ia berharap PTDI mampu berkembang dan mendukung kebutuhan alut nir-militer dan militer melalui pemecahan persoalan – persoalan yang menghambat.     

Sementara Direktur Utama PTDI Gita Amperiawan menyampaikan kesiapan dan harapannya terhadap dukungan Sesjen Wantannas beserta tim dalam mewujudkan kemandirian Alutsista dalam negeri.     

“Kami berharap dapat diberikan kesempatan terhadap pemenuhan Renstra sampai tahun 2024 yang kemudian bisa dijadikan sebagai landasan dalam membangun kapabilitas PT. DI melalui  strategic partners  untuk memperoleh alih teknologi lebih awal,” katanya.     

Informasi PTDI sampai saat ini telah berhasil melakukan pengiriman pesawat dan helikopter baik dalam dan luar negeri sebanyak 463 unit. 53 unit diantaranya telah diekspor kepada international customer dan 410 unit kepada domestic customer.     

Adapun untuk operator dalam negeri yang memanfaatkan produk PT. DI seperti pesawat NC 212i series adalah TNI AU, AD, AL, Kepolisian dan BPPT.     

Tim Wantannas RI melaksanakan dua kegiatan terpisah yaitu diskusi bersama para pejabat PT. DI dan kunjungan ke fasilitas PT. DI diantaranya Hanggar FAL dan Hanggar N219.     

Dalam acara tersebut, Harjo didampingi oleh pejabat – pejabat di lingkungan Wantannas RI seperti Staf Khusus Bidang Penguatan dan Antarlembaga Taviota Bay. Kemudian, Deputi Bidang Pengembangan Marsda TNI Maman Suherman, Deputi Bidang Sistem Nasional Brigjen TNI Syachrial E. Siregar, Deputi Bidang Poitik dan Strategi Irjen Pol Drs. Heribertus Dahana Resmiwara, Kepala Biro umum Laksma TNI Supendi, Opsla dan Anjak Bidang Pullah info Kolonel Laut (P) Imam Hidayat.      
 


Dewan Ketahanan Nasional

Dewan Ketahanan Nasional

Web Administrator Dewan Ketahanan Nasional Republik Indonesia

Dikelola oleh Bagian Sistem Informasi, Biro PSP

lower-third-wantannas-hitam.png