Language:

Search

KUNJUNGAN KERJA DALAM NEGERI (KKDN) WANTANNAS DI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

  • Share this:
KUNJUNGAN KERJA DALAM NEGERI (KKDN) WANTANNAS DI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

Seiring dengan majunya teknologi, perkembangan dunia digital menjadi tema yang strategis untuk dikaji. Dalam pengkajiannya, diperlukan penyelarasan antara hasil pembangunan nasional dengan dinamika perkembangan dunia global guna mengupayakan terwujudnya keamanan nasional dalam rangka mencapai kepentingan nasional untuk menyukseskan Indonesia sebagai negara yang maju.


Menyikapi hal tersebut, Tim Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional yang dipimpin oleh Mayjen TNI Syachriyal E. Siregar, SE selaku Deputi Sistem Nasional Setjen Wantannas melakukan program Kunjungan Kerja Dalam Negeri (KKDN) ke Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam rangka mendorong kemajuan teknologi dunia digital.


Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur Bapak Domu Warandoy, SH. M.Si berkenan menerima Kunjungan Kerja di Ruang Kerja Setda Provinsi NTT pada Rabu, 21 September 2022. Pada kesempatan itu Setda Provinsi NTT didampingi oleh Assiten I Dra. Bernadeta Meriani Usboko, M.Si, Staf Ahli Gubernur Dr. Marianus A. Jelamu, M.Si., dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi NTT Drs. Aba Maulaka, menyambut baik kehadiran Tim Setjen Wantannas dan berterima kasih atas perhatian dan perkenaannya untuk berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Timur.

ntt1

Tujuan dari KKDN yang dilakukan Wantannas adalah untuk mengumpulkan data dan informasi yang diperlukan tentang “Akselerasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Guna Mendukung Pembangunan Nasional Dalam Rangka Mewujudkan Stabilitas Keamanan Nasional”. Syachriyal E. Siregar, SE. mengatakan, “Kami hadir di sini tidak menjanjikan akan menyelesaikan permasalahan tapi kami melihat realitas yang ada untuk penyusunan rumusan kebijakan strategis nasional. Masukan Bapak dan Ibu sangat berharga bagi kami sehingga bermanfaat untuk menyusun rumusan kebijakan yang komprehensif yang akan diserahkan ke Bapak Presiden.”


Pada kesempatan tatap muka di Desa Digital, Lurah Oesapa Barat Christian E. Chamdra, SH menjelaskan sejumlah aplikasi yang digunakan di Kantor Lurah Oesapa Barat untuk meningkatkan pelayanan yaitu aplikasi “Sodamolek” untuk pelayanan surat keterangan di kelurahan, pelayanan bantuan sosial bagi masyarakat pra sejahtera dengan menggunakan aplikasi sistem informasi kesejahteraan sosial (SIKS-NG) dari Kementerian Sosial, aplikasi Prodeskel dari Kementerian Desa tentang profil kelurahan secara lengkap, dan E-Musrembang SIPD dari Bappeda untuk penginputan usulan kegiatan musrembang.

WhatsApp Image 2022-09-22 at 08.15.30

Selain melaksanakan audiensi dengan Pemda Provinsi NTT, Tim KKDN Wantannas juga berkunjung ke Korem 161/WS, Polda NTT, Brigif 21 Komodo Kupang, PLTU Bolok Kupang, Kantor Telkom, Witel NTT, Bendungan Raknamu, Lantamal VII Kupang dan Pabrik Pengelolaan Ikan MAS Arnawa Kupang. Obyek kunjungan KKDN yang bervariatif dari berbagai stakeholder terkait yang berkepentingan dalam pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) diharapkan mampu memberikan gambaran secara utuh dan menyeluruh kondisi perkembangan TIK di Provinsi NTT.


Dewan Ketahanan Nasional

Dewan Ketahanan Nasional

Web Administrator Dewan Ketahanan Nasional Republik Indonesia

Dikelola oleh Bagian Sistem Informasi, Biro PSP

lower-third-wantannas-hitam.png