Language:

Search

Pertemuan Dengan Awak Media, Sesjen Nilai Pers Punya Tanggung Jawab Dalam Pemilu 2024

  • Share this:
Pertemuan Dengan Awak Media, Sesjen Nilai Pers Punya Tanggung Jawab Dalam Pemilu 2024

 

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) Laksamana Madya TNI Dadi Hartanto mengajak insan pers bersinergi untuk kelancaran momen penting bagi demokrasi Indonesia yakni Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024, sebagai wujud komitmen dalam memperkuat demokrasi di Indonesia.

“Kerja sama antara Wantannas sebagai pembina ketahanan nasional dan pers sebagai bagian dari pilar demokrasi sangat penting untuk memastikan bahwa pemilu berjalan dengan lancar, jujur, dan adil,” ucap Dadi saat pertemuan dengan awak media di kantor Setjen Wantannas, Jakarta, Kamis (23/11).

Menurut Dadi, Setjen Wantannas dan para jurnalis dapat bersinergi dalam mendukung program ketahanan nasional di Indonesia, terutama menjelang Pemilu Serentak 2024.  Dadi mengungkapkan Wantannas juga memiliki peran yang sangat vital dalam menjaga empat pilar demokrasi yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika yang diharapkan tidak hanya dijadikan sebagai filosofis, melainkan juga diimplementasikan dalam kebijakan dan program pemerintah.

“Termasuk dalam menghadapi Pemilu Serentak 2024 yang jujur dan adil,” lanjutnya.

Di sisi lain, ia mengatakan pers memiliki setidaknya tiga tanggung jawab dalam menghadapi pesta demokrasi. Pertama, menyebarkan informasi yang objektif dan akurat tentang proses pemilu, membantu pemilih membuat keputusan yang tepat. Kedua, mengawasi proses demokrasi melalui pemberitaan yang kritis dan berimbang, khususnya ikut mengawasi jalannya pemilu agar lancar, jujur dan adil.

“Tiga, edukasi masyarakat tentang pentingnya pemilu dan bagaimana mereka dapat berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab,” paparnya.

Terakhir, Ia berharap Setjen Wantannas dan pers dapat mengembangkan kerja sama yang lebih erat, bertukar pikiran, ide, serta memperkuat komitmen dalam memajukan demokrasi dan ketahanan nasional di Indonesia. 
 


Dewan Ketahanan Nasional

Dewan Ketahanan Nasional

Dewan Ketahanan Nasional Republik Indonesia

Dikelola oleh Bagian Sistem Informasi, Biro PSP

lower-third-wantannas-hitam.png