Language:

Search

SESJEN WANTANNAS RI DAN KEDEPUTIAN POLSTRA KKDN KE MEDAN BAHAS OPTIMALISASI PENANGGULANGAN BAHAYA NARKOBA

  • Share this:
SESJEN WANTANNAS RI DAN KEDEPUTIAN POLSTRA KKDN KE MEDAN  BAHAS OPTIMALISASI PENANGGULANGAN BAHAYA NARKOBA

Kedeputian Politik dan Strategi Setjen Wantannas yang dipimpin Deputi Bidang Politik dan Strategi (Depolstra) Irjen Pol. Drs. Heribertus Dahana R., S.H., M.Si   melaksanakan Kunjungan Kerja Dalam Negeri (KKDN) selama empat hari ke Medan Sumatera. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Sesjen Wantannas) Dr. Ir. Harjo Susmono, S.Sos, S.H, M.H, M.Tr Opsla

Hari pertama  KKDN, tim Setjen Wantannas menyambangi kantor Polda Sumatera Utara, Selasa (23/8/2022) yang disambut langsung oleh Kapolda Sumut Drs RZ Panca Putra Simanjuntak, MSi 

 

Tujuan dari kunjungan ini untuk membahas tentang optimalisasi penanggulangan bahaya Narkoba guna melindungi warga negara dalam rangka ketahanan nasional sekaligus mencari dan mengumpulkan informasi  untuk menyatukan pendapat dan masukan dalam penanganan penyalahgunaan Narkotika. 

 

2

 

 

Yang melatarbelakangi KKDN ini karena salah satu masalah yang paling besar di Sumut adalah penyalahgunaan Narkotika.

 

Dikatakan oleh Kapolda Sumut dalam 3 bulan terakhir, Polda Sumut telah menangani kasus narkotika dengan barang bukti sebanyak 300 - 500 Kg dengan kisaran harga Rp. 300 - 500 Miliar.

"Sebab Provinsi Sumut merupakan wilayah perbatasan antara Aceh dengan Riau sehingga menjadi jalur lintas darat serta memiliki banyak pintu masuk gelap dipesisir pantai yang menjadi jalur lintas laut masuknya barang tersebut", tuturnya.

 

Dari kegiatan KKDN ini Polda Sumut berharap bisa tersampaikannya aspirasi mereka kepada Pemerintah Kabupaten/Kota agar menyediakan fasilitas rehabilitasi bagi para pengguna Narkotika serta perlu adanya langkah progresif lain dalam penanggulangan Narkotika di Sumut.

 

Di hari kedua KKDN, tim menyambangi kantor  Kodam I/Bukit Barisan, Rabu (24/8/2022) yang disambut  oleh Kasdam I/Bukit Barisan Brigjen TNI Rifky Nawawi didampingi Kapoksahli Pangdam I/ Bukit Barisan, Brigjen TNI Immer Hotma Partogi Butarbutar serta sejumlah Pejabat Utama lainnya.

Kesempatan ini dimanfaatkan untuk berdiskusi membahas  Optimasi Penanganan Narkoba untuk penyamaan visi dan misi serta langkah terpadu yang dilakukan bersama.

“Dengan diskusi ini diharapkan akan terbangun langkah yang lebih konkrit dalam upaya penanganan narkoba guna menyelamatkan generasi muda Bangsa Indonesia ke depannya,” ucap Kapendam I/BB, Letkol Inf Rico J Siagian, S.Sos.

3
 

KKDN hari kedua diakhiri dengan saling tukar cinderamata antara Sesjen Wantannas dengan Kasdam I/BB.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kepala BNNP Sumut Brigjen. Pol. Drs. Toga Habinsaran Panjaitan,  Pembantu Deputi Urusan Perencanaan Kontijensi, Depolstra, Laksma TNI Samista, SH, serta pejabat utama lainnya di lingkungan Setjen Wantannas.

Sesuai jadwal, KKDN dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 23 hingga 26 Agustus 2022.****(dfn)


Admin Dewan Ketahanan Nasional

Admin Dewan Ketahanan Nasional