Language:

Search

Tingkatkan Kemampuan Analisa dan Menulis, Setjen Wantannas Adakan Bimtek

  • Share this:
Tingkatkan Kemampuan Analisa dan Menulis, Setjen Wantannas Adakan Bimtek

 

Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional RI (Setjen Wantannas) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penulisan Naskah Akademik untuk Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan Setjen Wantannas yang berlangsung pada 15-17 November 2023 di Ruang Wawasan Nusantara, Kantor Setjen Wantannas, Jalan Medan Merdeka Barat No. 15, Jakarta.    

Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Sesjen Wantannas), Laksdya TNI Dadi Hartanto yang membuka kegiatan bimtek ini mengatakan, bimtek ini sangat penting bagi peserta yang bertugas menulis naskah akademik. Ia menekankan pentingnya menyamakan pendapat dan persepsi dalam penulisan naskah akademik, karena naskah tersebut ditujukan kepada Presiden sebagai Ketua Wantannas.

Sesjen juga menyoroti kebutuhan akan naskah akademik yang baik dan layak dibaca, mengingat posisi Wantannas yang sangat strategis. Oleh karena itu ia berharap para JPT Pratama dalam hal ini  Pembantu Deputi dan Analis Kebijakan untuk dapat menulis dengan teliti , sehingga naskah tersebut dapat ditindaklanjuti oleh Sekretariat Negara dan diserahkan kepada Presiden.    

 

bimtek2 
 

Untuk materi yang diberikan dalam Bimbingan Teknis ini antara lain Alur Pikir Ranjakstra Kajian Strategis Wantannas yang dibawakan oleh narasumber Haryo B. Rahmadi, Subtansi Dalam Penulisan Kajian Strategis Wantannas oleh Dr. Sumantri, Penggunaan Artificial Iintellegence (AI) Dalam Membantu Tugas-Tugas Personel Setjen Wantannas oleh Laksma TNI FY Nevy Dwi Soesanto, Tata Tulis Penyusunan Kajian Strategis Wantannas oleh Brigjen TNI Elphis Rudy, dan materi Keamanan Nasional oleh Kolonel Tek Dr. Bonan D.O Siagian. Selain itu untuk meningkatkan keaktifan peserta, dalam  bimtek  ini  dilakukan diskusi tanya jawab dengan para narasumber yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan praktek.    

Diharapkan dengan adanya bimtek ini para peserta yakni Pembantu Deputi dan Analis Kebijakan di lingkungan Setjen Wantannas dapat menambah pengetahunan (knowledge) dan keterampilan (skills) dalam hal menyusun Rancangan Kebijakan Strategis berupa Kajian Strategis agar dapat dilaksanakan dengan baik dan benar serta seragam sehingga tugas pokok Wantannas dapat tercapai sesuai sasaran atau target kinerja organisasi. (Humas/ FP)         


Dewan Ketahanan Nasional

Dewan Ketahanan Nasional

Dewan Ketahanan Nasional Republik Indonesia

Dikelola oleh Bagian Sistem Informasi, Biro PSP

lower-third-wantannas-hitam.png